Bacaleg DPRD Bojonegoro di Pemilu 2019 Sebanyak 630. Ada TMS 18 dan 1 Caleg Meninggal dunia

130

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Bakal calon legislatif (bacaleg) yang diajukan 12 Partai politik (Parpol) untuk DPRD Kabupaten Bojonegoro, dalam Pemilu 2019 sebanyak 630 bacaleg. Dari jumlah tersebut, ada 18 bacaleg yang Tak Memenuhi Syarat (TMS) sebab mereka tak melengkapi persyaratan. Ada 1 orang Caleg Meninggal dunia, karena sakit.

Menurut Komisioner KPU Kabupaten Bojonegoro Bidang Penyelenggaraan Fatkhur Rohman, kepada rakyatindependen membenarkan adanya 18 bacaleg yang TMS. Hal itu disebabkan, mereka tak memenuhi persyaratan.

“18 bacaleg yang TMS berasal dari Partai Berkarya 11 bacaleg, dari PBB ada 4 bacaleg, dari PKS 1 bacaleg, dari PPP 1 bacaleg dan dari Perindo 1 bacaleg,” tegas Komisioner KPU Kabupaten Bojonegoro Bidang Penyelenggaraan Fatkhur Rohman, Selasa (13/8/2018) pagi.

Mereka yang TMS secara otomatis sudah tak bisa masuk DCS (Daftar Caleg Sementara), sehingga dalam pengumuman resmi DCS Pemilihan Legislatif (Pileg) untuk memperebutkan 50 kursi anggota DPRD Bojonegoro dalam Pemilu 2019 Kabupaten Bojonegoro sebanyak 612 caleg.

Sebelum diumumkan DCS, Selasa tanggal 7 Agustus lalu, Caleg nomor 3 Dapil III atas nama Sundari telah meninggal dunia. Salah satu pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bojonegoro itu, yang tinggal di Desa Balongcabe, Kecamatan Kedungadem itu, meninggal dunia akibat sakit lambung yang dideritanya.

Saat ditanya, bagaimana jika bacaleg Sundari yang sudah dinyatakan lolos admistrasi dan sudah menjadi caleg dan masuk DCS itu meninggal dunia. Komisioner KPU Kabupaten Bojonegoro Fatkhur Rohman mengatakan, caleg bisa diganti oleh caleg lain atas pengajuan dari DPC PDIP Bojonegoro.

“KPU Bojonegoro, belum mendapat pemberitahuan secara resmi atau tertulis dari DPC PDIP Bojonegoro atas meninggalnya caleg Sundari nomor 3 dari Dapil III. Kami butuh pemberitahuan secara tertulis dan silahkan diganti dalam masa DCS ini,” ungkap pria yang akrab disapa Mas Rohman ini.

Perlu diketahui, Senin (13/8/2018) akan diserahkan DCS kepada 12 parpol peserta pemilu, yang bertempat di Gedung KPU Kabupaten Bojonegoro, yang berada di Jalan KHR Moh Rosyid, Desa Pacul, Kecamatan Bojonegoro Kota, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur.

**(Kis/Red).

Loading...
Comments
Loading...