Angin Kencang Yang Disertai Hujan Lebat, Tumbangkan Puluhan Pohon dan 2 Rumah Roboh, di Bojonegoro

44

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Hujan deras yang disertai angin kencang menimpa wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Sabtu (9/11/2019) sekira pukul 18:46 WIB.

Kondisi tersebut mengakibatkan adanya puluhan pohon tumbang dan rumah ambruk serta kerusakan ringan lainnya.

Terjadi pohon tumbang di dalam kota Bojonegoro akibat pusaran angin, yakni, di Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada, Jalan Diponegoro, Jalan Veteran, Jalan Rajekwesi, Jalan Untung Suropati, Jalan Basuki Rahmat dan beberapa titik lainya.

Data sementara yang berhsil dihimpun Rakyat Independen dari BPBD Bojonegoro menyebutkan, seidaknya ada 10 pohon tumbang dalam musibah angin kencang yang terjadi di Bojonegoro tersebut.

Dengan rincian, ada 4 pohon tumbang di Jalan Ahmadyani, 2 pohon di Jalan Gajahmada dan masing masing 1 pohon di  Jalan Veteran, Jalan Diponegoro dan Jalan Basuki rahmat.

Loading...

Angin Kencang  Yang Disertai Hujan Lebat, Tumbangkan Puluhan Pohon dan 2 Rumah Roboh, di Bojonegoro 1
Rumah milik milik Maeban warga Desa Prambatan, Kecamatan Balen, Bojonegoro yang ambruk akibat musibah angin kencang yang disertai hujan deras, Sabtu (9/11/2019).

Kepala BPBD Bojonegooro Umar Dhani kepada awak media mengatakan bahwa pihaknya terlah menerjunkan TRC (Tim REaksi Cepat) dan Dalops BPBD Bojonegoro guna melakukan penanganan terhadap pohon tumbang.

“Kami telah mengintruksikan kepada Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi dan seluruh jajaran BPBD untuk melakukan penanganan kejadian pohon tumbang tersebut. Selain itu, penanganan pohon tumbang tersebut, kami juga terus menghimpun laporan tentang akibat yang ditimbulkan akibat bencana tersebut,” ungkap Umar Dhani, Minggu (10/11/2019).

Masih menurut Umar Dhani, beberapa kejadian lain antara lain kerusakan fasilitas umum seperti PLN dan bangunan lainnya yang tertimpa pohon, dan mengalami kerusakan akibat terjangan angin kencang yang disertai hujan lebat tersebut, masih terus dilakukan pendataan.

“Tak hanya kejadian di dalam kota, akan tetapi juga kejadian di seluruh Kabupaten Bojonegoro ini, kami lakukan pendataan dan penanganannya,” tegasnya.

Petugas BPBD Bojonegoro saat melakukan pemotongan pohon tumbang, akibat angin kencang yang disertai hujan lebat, di Bojonegoro, Sabtu (9/11/2019).

Ditambahkan, bahwa hujan deras yang disertai angin kencang di beberapa wilayah seperti kelurahan Ledokkulon dan Kelurahan Banjarjo Kecamatan Kota Bojonegoro, ditengarai terjadi hujan es.

Sementara itu, beberapa fasilitas pendidikan dan fasilitas milik pemerintah juga mengalami kerusakan akibat terjangan angin kencang. Sedangkan untuk kejadian lain seperti rumah roboh terus dilakukan pendataan.

Berdasarkan data yang diperoleh Rakyat Independen menyebutkan, bahwa terjadi rumah roboh milik Maeban di Desa Prambatan, Kecamatan Balen. Rumah roboh milik Dwi Asmoro di Desa Kayulemah, Kecamatan Sumberrejo.

Bangunan yang mengalami kerusakan diantaranya, IAI Sunan Giri yang berada di Jalan Ahmad Yani, Bojongoro Kota, Mall Pelayanan Publik di Jalan Veteran, Bojonegoro Kota, sebuah Swalayan di Jalan Veteran Bojonegoro, Teras sebuah Koperasi di Jalan Gajahmada dan beberapa lokasi lainnya.

**(Kis/Red).

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More