Aksi Heroik Seorang Polisi Bantu Wanita Melahirkan, di Tepi Jalan Yang Berada Kawasan Hutan Tretes, Bojonegoro

31

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Dalam menjalankan tugasnya guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), yang selalu bersinggungan dengan masyarakat. Polisi sering memperoleh kesibukan tambahan, termasuk menolong saat masyarakat mengalami kesulitan.

Adalah aksi heroik yang dilakukan oleh Kant Binmas Polsek Gondang Ipda BJ Handoko, yang telah berhasil mmberikan pertolongan tehadap seorang wanita yang hendak melahirkan di tepi jalan yang berada di  kawasan hutan RPH Sugihan BKPH Tretes KPH Bojonegoro.

Seorang wanita yang ditolong itu, adalah Astri Astri Sulistyoningsih (32), melahirkan prematur di kawasan hutan turut Dusun Betek Desa Gondang Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jumat (6/12/2019) sekira pukul 07:30 WIB.

Peristiwa itu berawal saat suami Astri yang bernama Yuliono yang tercatat sebagai warga Dusun Puguhrejo, Desa Gondang, Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro itu, hendak mengantarkan isrinya ke bidan yang ada di Desa Dodol Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro.

Saat masih berada di perjalanan menuju ke rumah bidan desa itu, Astri mengeluhkan jika perutnya sakit  yang luar biasa sehingga dia minta berhenti dan turun di tepi jalan yang berada di jalur Jalan PUK Bethek – Gondang. Ternyata, Astri hendak melahirkan sebelum tiba di rumah bidan yang hendak dimintai pertolongan persalinannya itu.

Loading...

Pada saat yang bersamaan, melintas Kanit Binmas Polsek Gondang Ipda BJ Handoko yang hendak kembali ke Mako Polsek Gondang, setelah usai melaksanakan kegiatan Sapa Pagi di Pertigaan Bethek, turut Dusun Bethek, Desa Gondang tersebut.

Dalam kondisi panik istrnya hendak melahirkan di tepi jalan itu, membuat Pujiono yang juga suami Astri memanggil dan minta pertolongan BJ Handoko yang kebetulan sedang melintas di situ. Dalam kondisi darurat, maka sang Polisi itu, harus tetap memberikan pertolongan persalinan itu.

Kepada para awak media Kanit Binmas Polsek Gondang Ipda BJ Habibie mengatakan, bahwa dirinya membenarkan jika telah membantu menolong persalinan darurat di tepi jalan yang berada di Kawasan hutan, RPH Sugihan BKPH Tretes KPH Bojonegoro.

Masih menurut BJ Handoko, karena saat itu, tak ada yang berani membantu persalinan darurat itu, membuat dirinya berani mengambil tindakan, dengan rasa empati dan kemanusian. Tindakan deskresi  melakukan persalinan darurat pun dilakukan.

Ditambahkan, saat hendak menolong wanita yang hendak melahirkan itu, kondisi kepala bayi sudah keluar sehingga harus dipegangi kepalanya agar bisa lahir dengan baik. Hal itu dilakukan oleh BJ Handoko sambil menunggu seorang bidan dari Puskesmas Gondang untuk melakukan pertolongan lebih lanjut.

“Saya berusaha memberikan pertolongan darurat agar bayi dan ibunya yang melahirkan itu bisa terselamatkan,” ucap Kanit Binmas Polsek Gondang Handoko, kepada para awak media, Jum’at (6/12/2019).

Lanjut BJ Handoko, salah satu tugas polisi adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga, memberikan pertolongan kepada Ibu yang handak melahirkan juga merupakan tugas dan kewajiban Polisi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Polisi dituntut untuk cepat tanggap melayani masyarakat dalam kondisi darurat seperti ini,” ungkap BJ Handoko, serius.

Sementara, Yuliono yang juga suaminya Astri, menjelaskan, bahwa dirinya sangat tertolong dengan bantuan Polisi yang membantu persalinan istrinya melahirkan itu.

“Terima kasih Pak Polisi yang telah menolong persalinan istri saya hingga anak dan istri saya bisa selamat,” ucap Yuliono serius.

Guna melakukan perawatan, Astri harus dirawat di Puskesmas Gondang, Bojonegoro. Sedangkan bayinya di rujuk ke RSUD Dr R Sosodoro Djatikoesoemo yang berada di Jalan Veteran Bojonegoro Kota, karena lahir premature sehingga perlu memperoleh peawatan yang intesif.

**(Kis/Red).

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More