Akibat Percikan Api, Sebuah Pom Mini di Pengkol, Tambakrejo, Ludes Terbakar

1,140

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Jika selama ini yang sering alami kebakaran, yakni rumah dan gudang. Kali ini, kebakaran yang terjadi di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur itu, menimpa SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) atau yang biasa disebut Pom Mini.

Kebakaran Pom Mini milik Kasnur (43) seorang warga Desa Pengkol, RT 013, RW 002, Kecamatan Tambakrejo, Minggu (24/3/2019) sekira pukul, 11: 10 WIB.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Andik Sujarwo melalui Kabid Pemadam Sukirno membenarkan adanya kejadian kebakaran yang menimpa Pom Mini tersebut.

Menurut Sukirno. Terbakarnya Pom Mini itu, diduga adanya percikan bunga api yang berasal dari pompa pemindah jurigen ke drum Pom Mini tersebut.

“Hal itu bisa dilihat, saat pemilik yang juga korban dalam kejadian tersebut, sedang memindahkan BBM miliknya itu, api langsung menjalar ke drum yang berisi Bahan Bakar yang hendak di tempatnya di drum yang berada di Pom Mini tersebut,” ujar pria yang akrab disapa Mas Kirno itu.

Masih menurut Mas Kirno, kejadian naas itu terjadi sekira pukul, 11:10 WIB dan dilaporkan ke Pos Bantu Damkar Padangan sekira pukul 11:42 WIB. Sedangkan, Mobil Damkar tiba lokasi kejadian sekira pukul 12 :03 WIB dan langsung melakukan pemadaman.

“Dikerahkan 2 (dua) unit mobil Damkar dari Pos Padangan dengan kekuatan 4 personel. Alhamdulillah, seng 15 menit kemudian, api berhasil dipadamkan,” ungkap Mas Kirno.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya saja Kasnur yang juga pemilik Pom Mini tersebut mengalami luka bakar ringan di tangan dan kaki dan hanya dilakukan rawat jalan saja.

“Akibat kejadian naas tersebut, terdapat kerugian materi (kermat) yang ditaksir mencapai Rp 35 juta dan BBM sebanyak 200 liter yang ikut terbakar,” Kata Mas Kirno menegaskan.

Dihimbau agar masyarakat agar berhati-hati saat memindahkan barang yang peka terhadap api, jangan sampai teledor, jika mau memindahkan BBM sebaiknya periksa dulu disekitar lokasi tersebut apa ada sumber api atau ada bahan lainnya yang mudah terbakar.

Selain Damkar Bojonegoro, turut terlibat dalam pemadaman, anggota Polsek Tambakrejo, anggota Koramil Tambakrejo, Sat Pol PP Kantor Kecamatan Tambakrejo, Pemdes Desa Pengkol, dan warga masyarakat sekitar.

kebakaran Pom Mini Di Pengkol, Tambakrejo

berita selengkapnya : https://rakyatindependen.co.id/akibat-percikan-api-sebuah-pom-mini-di-pengkol-tambakrejo-ludes-terbakar/

Posted by Rakyat Independen on Sunday, March 24, 2019

**(Yan/red).