Akibat Diguyur Hujan, Terjadi Longsor di Desa Bareng, Sekar

0 121

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, telah mengkibatkan beberapa bangunan ambruk dan pohon tumbang. Tak hanya itu, hujan yang terjadi Sabtu (10/11/2018) sekira pukul 17:30 wib, telah menyebabkan terjadinya gerakan sawah alias longsor.

Awalnya, hujan mengguyur wilayah Kecamatan Sekar sekira 0,5 jam, hingga membuat air hujan meluber, yang membuat kemiringan lereng curam, jenis batuan atau tanah mudah jenuh air dan Tidak ada saluran air hingga membuat longsor dialami Dusun Krajan RT 005, RW 002, Desa Bareng, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro dan mengenai halaman rumah Budiono warga setempat.

“Walaupun kondisi hujan dengan intensitas sedang, namun telah terjadi bencana alam longsor, bahkan akibat longsor itu sempat menutup akses jalan di Dusun Bareng (krajan) yang berada di desa setempat,” demikian disampaikan Plt Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro Nadhif Ulfia, Minggu (11/11/2018).

Lokasi longsor berada di Koordinat : E 580098, N 9182511, Elv. 283 mdpl yang sebelumnya telah di lakukan pembangunan tembok penahan tanah (TPT). Hanya saja, selanjutnya terjadi hujan dengan intensitas sedang sehingga menyebabkan tanah jenuh air dan tembok penahan tidak mampu menahan lereng, sehingga terjadilah longsor itu.

“Jenis gerakan tanah dengan tipe longsoran translasi, dengan dimensi longsoran panjang 15 meter dan lebar 3 meter dengan ketinggian 3 meter,” ungkap wanita yang akrab disapa Mbak Ulfa itu, serius.

Bencana alam longsor terjadi di Dusun Krajan RT 005, RW 002, Desa Bareng, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro dan mengenai halaman rumah Budiono warga setempat, Sabtu (10/11/2018) sekira pukul 17:30 wib

Melalui rakyatindependen.co.id, Mbak Ulfa menghimbau dalam memasuki musim penghujan agar masyarakat di daerah potensi rawan longsor untuk selalu waspada dan segera melaporkan kepada pemerintah setempat jika adanya tanda-tanda bencana.

“Segera laporkan, jika ada retakan tanah, penurunan tanah, tanah jenuh air, adanya bangunan miring, serta hindari daerah lereng yang curam saat terjadi hujan dengan intensitas sedang – tinggi,” tegasnya.

Laporan bisa langsung ke Kantor BPBD Bojonegoro, ke petugas PUSDALOPS BPBD Kabupaten Bojonegoro, yang berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 06, Bojonegoro, Jawa Timur
Telp / Fax : (0353) 887811
WA/Telegram : 08113356444
Facebook : Pusdalops Bpbd Bojonegoro
Twitter : @bpbdbjn
Email : [email protected]
Website : http://bpbd.bojonegorokab.go.id
Frekuensi Radio VHF :
Output: 161.130
Input: 166.130

**(Kis/Red).

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More