Akibat Bakar Sampah Membuat Rumah Seorang Warga Sukorejo, Bojonegoro, Alami Kebakaran

65

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Masyarakat hendaknya ekstra hati-hati saat membakar sampah di musim kemarau seperti sekarang ini. Pasalnya, kondisi musim kemarau dengan panas menyengat dan angin kencang bisa membuat sampah yang dibakar alias bediang itu, bisa  menyala hebat dan menyambar dinding hingga mengakibatkan terjadinya musibah kebakaran.

Hal itu, seperti kejadian kebakaran akibat membakar sampah, yang menimpa rumah milik H Fatkhur Efendi (75) yang berada di Jalan Gajahmada, turut Desa Sukorejo, RT 015, RW 004, Kecamatan Kota Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Jum’at (25/10/2019) sekira pukul 07:17 WIB.

Kebakaran rumah yang berada di depan Stasiun Bojonegoro Kota itu, dilaporkan oleh warga setempat ke Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pos Kota Bojonegoro yang berada di Jalan Ahmad Yani, Bojonegoro, sekira pukul 07:22 WIB.

Begitu memperoleh laporan mobil damkar beserta personilnya langsung meluncur dan tiba di lokasi kejadian sekira pukul 07:24 WIB. Amukan Si Jago Merah itu, baru bisa dijinakkan alias dipadamkan sekira pukul 08:50 WIB.

“Kebakaran yang berada di wilayah padat penduduk itu mendapat perhatian khusus dari BPBD Bojonegoro dengan memback up 1 (satu) unit water suplay. Guna memadamkan api dalam kejadian tersebut, pihak Damkar Bojonegoro mengerahkan 3 (tiga) unit mobil Damkar  Pos Kota dengan menerjunkan 20 personilnya,” ungkapnya.

Loading...

Dalam kejadian itu, pihak korban ditaksir mengalami kerugian materi sebesar Rp 35 juta. Angka sebesar itu meliputi, sebuah rumah semi permanen di bagian belakang yang berukuran 9,5 x 15 meter, buku-buku , pakaian, peralatan elektronik dan perabot rumah  tangga.

Adapun material yang berhasil diselamatkan, yakni rumah depan dan rumah tengah. Sedangkan yang terbakar adalah rumah belakang, yang mengalami kebakaran sekitar 90 persen.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran tersebut. Guna mencegah meluasnya kebakaran, pihak Damkar melakukan pemadaman sampai  pendinginan alias pebahasahan.

Selain itu, pihak damkar juga  memberikan informasi tentang bahaya kebakaran dan memberikan nomer telepon Dinas Pemadam Kebakaran Bojonegoro, sehingga sewaktu-waktu terjadi kebakaran mereka bisa menghubunginya.

Unsur yang terlibat dalam pemadaman yakni, Anggota Polres Bojonegoro, Anggota Polsek Kota Bojonegoro, Anggota Koramil Kota Bojonegoro, Satpol PP Kecamatan Kota Bojonegoro, Anggota BPBD  Bojonegoro dan warga setempat.

**(Kis/Yan).

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More