5 Asupan Yang Sebaiknya Dikonsumsi, Agar Tak ‘Dihinggapi’ Asam Urat

94

INFO SEHAT – Kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa mengakibatkan munculnya rasa nyeri di daerah sendi. Bila dibiarkan, asam urat yang menumpuk menjadi kristal yang juga memicu bengkak. Kondisi kerap disebut gout atau penyakit asam urat yang sangat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Asam urat sebetulnya sudah diproduksi secara alami di dalam tubuh. Peningkatan kadar asam urat bisa diantisipasi dengan mengonsumsi makanan yang tak meningkatkan kadar zat tersebut di dalam tubuh. Dikutip dari Times of India, berikut makanan yang bisa membantu menjaga kadar asam urat.

  1. Apel
    Apel kaya kandungan asam malat yang mampu menetralkan asam urat dalam aliran darah. Konsumsi apel membantu mengatasi rasa nyeri pada pasien asam urat saat kadar zat tersebut meningkat dalam tubuh.
  • Jus sayur segar
    Berbagai jenis jus buah dan sayur segar ternyata efektif mengatasi peningakatan kadar asam urat di dalam darah. Salah satu jus yang disarankan adalah wortel yang dicampur buah buut dan timun segar.
Loading...

  • Produk susu rendah lemak
    Hidangan lain yang mampu menjaga kadar asam urat dalam tubuh adalah produk susu rendah lemak. Susu dan yogurt mampu mencegah peningkatan kadar asam urat yang bisa menimbulkan rasa nyeri.
  • Makanan kaya vitamin C
    Makanan kaya vitamin C jangan sampai tidak dikonsumsi setiap hari, demi menjaga kadar asam urat dalam darah. Beberapa makanan yang disarankan adalah jambu, jeruk, lemon, tomat, dan sayuran berdaun hijau. Makanan ini menghancurkan asam urat dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.
  • Hidangan kaya serat
    Rutin mengonsumsi makanan kaya serat adalah salah satu cara terefektif mencegah peningkatan kadar asam urat. Bagi yang telah terdiagnosa mengalami asam urat sangat disarankan mengonsumi brokoli, seledri, pir, strawberi dan makanan lain yang kaya serat. Makanan ini menyerap asam urat dari dalam darah dan membuang kelebihannya melalui ginjal.

*) Artikel ini sebelumnya sudah tayang di: detikhealth

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy