274 Unit Rumah di Sambiroto, Kapas, Alami Kerusakan Akbat Dterjang Angin Puting Beliung

80

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Musibah angin puting beliung kembali terjang wilayah Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa timur, Rabu (27/11/2019).

Kali ini, beberapa desa dikabarkan menerima musibah, ada rumah roboh, rumah rusak sedang, rusak ringan dan pohon tumbang.

Salah satunya, adalah Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Bojonegoro yang dterjang angin puting beliung, Rabu (27/11/2019) sekira pukul 15:30 WIB.

Berdasarkan data yang dikirim oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Sambiroto ke BPBD Bojonegoro melalui Camat Kapas menyatakan bahwa terdapat 274 unit rumah yang mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung tersebut.

Adapun, rumah rusak berat dialami 22 unit, rusak sedang 101 unit dan rusak ringan sebanyak 151 unit. Jumlah tersebut, dialami oleh warga di Desa Sambitoro yang berada di Lingkungan RT 010 hingga RT 017.

Loading...

Kades Sambiroto Sudjono kepada para awak media membenarkan adanya kejadian tersebut. Pasca terjadinya musibah tersebut, pihaknya bersama perangkat desa, Bhabinsa dan Bhabnkamtibmas langsung mendatangi rumah-rumah korban yang mengalami kerusakan itu.

“Saya bersama perangkat desa, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, BPD, Ketua RT dan Ketua RW, telah mendatangi korban untuk melakukan pendataan warga yang tertimpa musbah angin puting beliung itu,” ungkap pria yang akrab disapa Pak Jono itu, Rabu (27/11/2019) malam.

Masih menurut Pak Jono, hasil pendataan korban angin putng beliung di desanya itu, sudah dibicarakan dalam rapat koordinasi dengan perangkat desa dan BPD, untuk laporan ke BPBD Bojonegoro melalui Camat Kapas Agus S Hardiyanto.

“Kami berharap agar Dinas atau Instansi terkait untuk segera melakukan peninjauan lokasi kejadian dan segera memberikan bantuanya sehingga warga yang rumahnya rusak segera bsa memberikan bantuannya,” ungkap Pak Jono, sambil beharap.

“Dari jumlah  274 unit rumah yang mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung di Desa Sumberoto ini, setelah dilakukan penghitungan, bahwa kerugian yang dialami korban sebesar 429 juta 350 ribu atau hampir setengah milar,” tegasnya.

Di akhir komentarnya, Kades Sambiroto Soedjono berarap, ada upaya Pemkab Bojonegoro melalui BPBD Bojonegoro, untuk penanggulangan bencana tersebut.

Selain Desa Sambiroto, ada 2 desa, yakni, Desa Campurejo dan Mulyoagung yang berada di wilayah Kecamatan Kota Bojonegoro yang juga diterjang angin puting beliung.

**(Kis/Red).

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More