Yuk, Kenali Jenis-jenis Mesin pada Mobil!

jenis Mesin pada Mobil

Saat berencana untuk membeli mobil dari perusahaan pembiayaan kendaraan di Indonesia, banyak orang yang fokus pada bentuk dan tampilan mobil saja. Padahal, memerhatikan spesifikasi mobil juga penting. Sebab spesifikasi mesin inilah yang nantinya akan memengaruhi performa mobil Anda.

Untuk membantu Anda lebih memahami mengenai mesin mobil, berikut ini adalah penjelasan beberapa jenis mesin mobil yang umum digunakan.

Jenis Mesin Mobil yang Umum Digunakan

  1. Internal Combustion Engine (ICE)

Internal Combustion Engine (ICE) merupakan salah satu jenis mesin yang umum digunakan pada sebuah mobil. Biasanya, proses pembakaran pada mesin jenis ini dilakukan di dalam mesin mobil. Di mana, saat proses pembakaran berlangsung, jumlah gas bahan bakar yang sudah terbakar dapat meningkatkan suhu di mesin mobil sehingga tekanannya menjadi meningkat dan mengaktifkan piston, rotor, maupun nozzle.

  1. External Combustion Engine (ECE)

Sesuai dengan namanya, proses pembakaran pada mesin mobil jenis ini tidak dilakukan di dalam mesin mobil melainkan di luar mesin. Yang mana, ketika terjadi proses pembakaran, maka panas yang dihasilkan akan menjadi air atau uap yang kemudian menghasilkan tekanan tinggi. Tekanan tinggi yang dihasilkan inilah yang akan menggerakkan komponen-komponen yang ada pada mobil.

Jenis Mesin Mobil yang Digunakan pada Mobil Diesel

  1. Indirect Injection Diesel (IDI)

Mesin jenis Indirect Injection Diesel (IDI) ini umumnya banyak digunakan untuk mobil-mobil niaga berukuran sedang, seperti SUV dan truk mini. Mesin mobil jenis ini biasanya memiliki kapasitas yang tergolong rendah sekitar 3.000 cc saja. Meskipun demikian, untuk ruang bahan bakarnya sendiri mesin ini memiliki 2 ruang pembakaran, yakni main combustion chamber dan pre-combustion chamber.

  1. Direct Injection Diesel (DID)

Direct Injection Diesel (DID) didesain lebih praktis dan memiliki tenaga yang jauh lebih besar daripada tipe IDI. Mesin mobil jenis ini dianggap lebih efisien karena kandungan serta pengeluaran emisinya lebih terjaga. Untuk membedakan jenis ini dengan tipe IDI, terletak pada penempatan injectornya yang mana dimasukkan langsung ke dalam ruang bahan bakar.

  1. Common Rail Direct Injection (CRDI)

Common Rail Direct Injection (CRDI) bisa dikategorikan sebagai salah satu jenis mesin mobil diesel terbaru di dunia otomotif. Saking barunya, masih belum banyak yang mengetahui keberadaannya. Biasanya, mesin mobil jenis ini digunakan untuk mobil SUV keluaran terbaru dan sudah dilengkapi dengan teknologi berbasis komputer.

Itu dia jenis-jenis mesin yang biasanya digunakan pada mobil, baik mobil biasa maupun diesel. Semoga bermanfaat, ya!

Tekno

Tinggalkan Balasan