5 Media Sosial Wajib Untuk Dukungan Promosi Bisnis Anda Secara Gratis

5 Media Sosial Wajib Untuk Dukungan Promosi Bisnis Anda Secara Gratis

Media sosial adalah platform yang paling banyak dipakai oleh semua orang dari berbagai seluruh dunia untuk membangun pertemanan. Tidak hanya kaum muda, namun orang tua dan anak-anak sekarang juga telah mempunyai akun media sosial pribadi. Selain untuk alat komunikasi, media sosial juga dapat digunakan sebagai  alat promosi yang sangat ampuh dalam mendukung bisnis Anda.

Media sosial juga dapat dijadikan patokan sukses atau tidaknya suatu bisnis. Platfrom ini berfungsi sebagai jembatan penghubung antara penjual dan pelanggan, sehingga proses transaksi jual beli akan lebih mudah serta praktis. Nah, berikut daftar ini media sosial yang dapat digunakan untuk mendukung kelancaran bisnis Anda.

Facebook

Facebook adalah jejaring sosial yang mempunyai paling banyak pengguna di seluruh dunia. Media yang dimiliki oleh Mark Zuckerberg ini pun sering digunakan oleh banyak pebisnis online sebab fiturnya yang seller serta user-friendly. Selain promosi menggunakan Facebook Ads, Anda juga daat bergabung di berbagai grup jual beli sesuai regional yang ada banyak di Facebook.

Untuk langkah awalnya, Anda dapat membuat Facebook page yang memang khusus dipakai untuk mengunggah produk/barang jualan Anda. Semakin banyak like yang didapat, maka semakin ramai toko online yang Anda miliki.

Instagram

Media sosial kedua yang harus dicoba untuk menambah penjualan yaitu Instagram. Di sini, Anda dapat memposting foto barang jualan Anda dengan kalimat promosi yang menarik. Biasanya, postingan promosi di Instagram juga ditambahi dengan tanda pagar atau hashtag. Hashtag akan daat memengaruhi ramai tidaknya suatu toko.

Contohnya, Anda ingin menjual produk kosmetik khusus wanita, hashtag yang dapat dipakai antara lain: #kulitputih #antiaging #gbebasjerawat #kosmetikberkualitas, dan semacamnya. Di Instagram juga ada banyak figur publik yang mempromosikan produk atau dagangannya, lho. Mereka ini yang biasa disebut sebagai instagram influencer dimana mereka mempunyai jumlah pengikut yang banyak sehingga seringkali muncul tawaran untuk endorse untuk suatu produk.

Twitter

Apabila dibandingkan dengan Facebook dan Instagram, Twitter mempunyai batasan karakter yang lebih sedikit, yakni hanya 280 karakter. Akan tetapi, justru di situlah keunikannya. Dikarenakan mempunyai ruang terbatas, penjual yang akan berniat memasarkan produknya di situs microblogging ini ditantang untuk lebih aktif dan imajinatif saat membuat caption yang menjual dan menarik.

Selain dengan meningkatkan jumlah followers, rutin memposting barang dagangan, dan selalu menjaga interaksi dengan konsumen, Anda juga dapat memaksimalkan penjualan dengan cara menyewa buzzer maupun meng-endorse para selebtwit.

Website / Blog 

Blog dan website termasuk media yang cukup efektif untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Supaya blog atau website Anda bisa banyak dikunjungi, maka harus menerapkan Teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk setiap postingan yang Anda buat.

Promosi menggunakan blog atau website akan jauh lebih efektif apabila sebelumnya Anda telah mempunyai banyak followers. Selain itu dengan rajin meng-upload produk yang dijual, menjaga interaksi secara langsung dengan pengunjung juga dapat meningkatkan kuantitas penjualan Anda.

Youtube

Siapa yang mengatakan jika Youtube hanya dapat digunakan untuk narsis saja? Saat ini sudah ada banyak pebisnis yang mempromosikan produk dagangannya secara profesional melalui media yang satu ini.

apabila Anda berusaha menjajal promosi lewat Youtube, maka rancang konsep yang keren dan berbeda. Carilah keyword yang kemungkinan banyak dibutuhkan warganet supaya video Anda muncul di halaman pertama pencarian ketika keyword yang relevan diketikkan. Selain itu dengan membuat konten sendiri, Anda juga dapat memasang iklan berbayar di Youtube.

media sosial

Tinggalkan Balasan