Ini Rahasia Cara Merawat Kucing untuk Pemula

cara merawat kucing untuk pemula

Memelihara kucing bukanlah hal yang main-main, lho! Untuk kamu yang baru memulai, ini beberapa hal dan rahasia langkah merawat kucing di dalam rumah yang perlu kamu kerjakan.

Memelihara kucing di rumah sudah semestinya seperti merawat anak kecil. Kamu wajib melakukan perhatian yang cukup, supaya kucing tetap sehat dan mengawasi tumbuh kembangnya baik.

Walaupun dikenali sebagai hewan yang mandiri, tetap saja untuk berbagai hal kucing peliharaan memerlukan perhatian khusus dari pemiliknya. Khususnya untuk kamu yang pemula atau baru dalam memelihara hewan yang menggemaskan yang satu ini. Tentu akan kewalahan dibikinnya,

Rahasia Merawat Kucing di Rumah, Mulai dari Kecil Sampai Dewasa

Langkah merawat kucing kecil dan kucing yang dewasa pasti mempunyai beberapa perbedaan. Dimulai dari asupan makanannya, mengontrol kebersihannya, dan sebagainya. Memelihara kucing sebetulnya juga terhitung hal yang susah-susah gampang. Tetapi, jika kamu tidak cermati pasti akan membawa problem kesehatan dan penyakit pada hewan peliharaanmu ini.

Memberinya asupan makanan terbaik – Kucing sebenarnya adalah hewan karnivora yang maknanya asupan gizi utamanya datang dari protein hewani. Karena itu pastikanlah kamu memberinya makanan kucing berwujud daging atau ikan.

Lebih gampangnya, kamu dapat beli makanan pabrikan yang gizinya telah diatur untuk penuhi keperluan asupan kucing. Pada kucing dewasa, kamu dapat memberinya makanan sekitar 2-3 kali sehari. Bahkan untuk merawat anak kucing berumur 6-12 minggu kamu dapat memberinya makan sampai 4 kali sehari, lho.

Selalu Siapkan Air Bersih

Sedia air bersih menjadi kebutuhan wajib untuk semua makhluk hidup, termasuk untuk kucing. Kamu mesti selalu sediakan kebutuhan air bersih untuk melindungi tubuh kucing terhidrasi secara baik.

Sama dengan makanan, pastikan kamu memberinya wadah yang bersih dan gampang digapai oleh kucing. Janganlah lupa untuk teratur menukar air minum supaya selalu bersih. Jika tidak, kemungkinan kucing akan cari sumber air lain seperti bak kamar mandi atau lubang kakus yang tentu saja beresiko untuk kesehatannya.

Pastikan Mempunyai Litter Box yang Layak

Sediakan litterbox untuk merawat kucing kampung untuk yang baru memulai khususnya yang telah dewasa kemungkinan sedikit susah, terutama dalam mengenalkan litter box untuk tempat bab atau kecil.

Tetapi untuk kamu yang mempunyai kucing kecil, yakinkan mengenalkan litter box sedini mungkin sebagai toiletnya. Ini untuk mencegah tingkah lakunya yang buang kotoran dan pipis asal-asalan. Untuk membuatnya tetap kerasan, pastikan litter box pada situasi bersih di mana kamu dapat buang kotorannya sehari sekali dan menambahkan pasir kucing baru.

Mandikan Kucing Secara Teratur

Proses memandikan kucing tidak boleh dikerjakan terlalu sering, tapi bisa 1-2 minggu sekali supaya badan kucing terbebas dari resiko kutuan, nih.

Untuk memandikan kucing, minimal harus dilaksanakan oleh 2 orang, yang satu menggenggam badan kucing supaya tidak berontak dan satu lagi memandikannya. Pastikanlah kamu sediakan tempat yang luas dan pakai air yang tidak begitu hangat atau dingin. Perlu diingat siapkan shampo khusus kucing supaya tidak membuat iritasi kulitnya.

Mandikan kucing dimulai dari kepala sampai ujung ekornya. Apabila sudah, kamu dapat keringkan badan kucing dengan memakai handuk kering dan hair dryer. Sesudah proses memandikan kamu bisa juga sekalian bersihkan sisi yang susah dicapai kucing, contoh mulut, hidung, dan telinganya dengan kapas dan cotton bud.

Datangi Dokter Hewan dan Berikan Vaksin

Sama dengan manusia, kucing piaraanmu juga dapat melakukan kontrol teratur (cek up) dengan mengunjungi dokter hewan seperti petshop area Gresik, baik secara bulanan atau tahunan. Pengecekan yang dilakukan dapat dimulai dari pemeriksaan fisik sampai kesehatan organ dalamnya, buat mencegah penyakit parah yang berpotensi muncul di masa nantinya.

Disamping itu kucing bisa juga diberi vaksin sesuai usia dan keadaan kesehatannya. Meskipun ada pula beberapa efek vaksin kucing yang membuat beberapa kalangan tidak memberinya pada hewan peliharaan mereka. 

Demikianlah beberapa tips merawat kucing untuk pemula, semoga bermanfaat.

Lifestyle

Tinggalkan Balasan