Cara Membuat Plakat Sendiri di Rumah dengan Mudah

plakat bandung

Plakat sebagai benda yang umum dijadikan souvenir atau kenangan. Biasanya, plakat bisa dipesan atau dibikin sendiri. Anda tidak perlu kebingungan bagaimanakah cara membuat plakat sendiri. Plakat bikinan sendiri bisa tekan ongkos sampai 50% biaya normal saat Anda pesan atau beli plakat.

Plakat kerap diberikan pada orang penting atau ke lembaga tertentu sebagai wujud hormat. Tapi, pengadaan plakat tidak langsung cuman melihat fungsi saja, tapi harus menyelaraskan dengan bahan dan model supaya lebih berkesan.

Tahap-Tahap Pembuatan Plakat

Biasanya, plakat dibikin dari kaca atau marmer. Tapi, bersamaan dengan berkembangnya teknik pembuatan plakat, banyak jenis plakat bila disaksikan dari bahan pembuatannya. Beberapa bahan itu salah satunya plakat fiber, plakat kayu, plakat logam, plakat marmer, plakat piala dan plakat akrilik. Nah, berikut ini sebagai langkah membuat plakat sendiri di rumah.

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Hal yang pertama perlu Anda persiapkan ialah alat dan bahan pembuatan plakat. Perlengkapan pembuatan plakat contohnya gerinda, gergaji, paku, martil, lem kayu dan lain-lain.

Dan beberapa bahan pembuatan plakat dapat berbentuk kayu, mamer, fiber, akrilik dan sebagainya. Tetapi yang termudah untuk dibikin ialah plakat berbahan kayu. Pilih kayu yang berkualitas dan terbukti mutunya. Tidak boleh lupakan cairan vernis dan kuas untuk finishing touch plakat yang Anda bikin.

2. Buat Pola Sesuai Rancangan yang Diharapkan

Selanjutnya, bikinlah pola yang sesuai kehendak Anda. Bila Anda belum terlatih, bikinlah desain yang sederhana tetapi tidak murahan. Anda bisa meniru pola atau bentuk plakat berpola daun, water drop, stupa dan lain-lain. Dan pada bagian tulisan dalam plakat bisa didesain memakai coreldraw.

3. Potong Bahan Sesuai Pola

Bila pola sudah terbentuk, cara selanjutnya adalah menggunting bagian-bagian bahan baku plakat sesuai pola yang diinginkan. Bentuknya memang tetap tak beraturan. Lumrah saja, karena nanti Anda harus membuatnya satu demi satu, menyambung dengan lem dan memperkuatnya dengan paku kecil.

4. Melakukan Pengamplasan

Sesudah penataan perbagian plakat usai, baru Anda kerjakan pengamplasan untuk memberikan finishing yang halus. Kerjakan pengamplasan dua sampai tiga kali jika dibutuhkan.

Pengamplasan ini mempunyai tujuan untuk memberikan penampilan lebih halus dan menawan. Pengamplasan memang jadi hal yang cukup menjenuhkan. Tetapi untuk hasil lebih baik, tidak ada alasan untuk menyerah.

5. Vernis

Sesudah pengamplasan dirasa cukup, Anda perlu melapisi plakat buatan Anda dengan vernis supaya terlihat mengkilat dan menawan. Tidak boleh berlebihan dalam mengaplikasikan vernis pada plakat.
Penggumpalan vernis atau adanya gelembung yang terlihat di atas vernis membuat penampilan plakat kurang rapi.

6. Persiapkan Identitas atau konten plakat

Bikinlah desain konten atau isi tulisan dalam plakat menggunakan aplikasi corel draw. Selanjutnya bikin dalam bentuk akrilik. Kemudian rekatkan dengan plakat yang sudah dibikin sebelumnya. Yakinkan pengaplikasiannya prima, tidak miring atau sejenisnya. Bila Anda ragu, pasang sekrup kecil setiap sisi plakat.

7. Mempercantik dengan kemasan plastik, mika atau box khusus

Perlu Anda ingat, bila plakat ditujukan untuk kepala instansi atau pejabat, maka siapkan tempat plakat berbentuk box batik atau box polos supaya terkesan menghormati mereka.

Lain lagi bila plakat dipakai untuk acara perpisahan atau sebagai kenang-kenangan, Anda tidak perlu mengepaknya dengan box. Cukup bungkus rapi dengan plastik dan pita supaya plakat tidak cepat kotor

Mudah-mudahan info ini berguna buat kamu. Pakai jasa plakat bandung bila kamu ingin mendapatkan plakat terbaik.

Properti

Tinggalkan Balasan