Mobil Menganggur Lama di Garasi, Apa Harus Isi Bensin Sampai Penuh?

Perusahaan Pembiayaan Terbaik Indonesia

Di masa lalu, memarkirkan mobil di garasi dalam waktu yang cukup lama baru akan terjadi ketika Anda liburan atau dinas ke luar kota selama beberapa pekan. Namun di masa pandemi seperti sekarang, kemungkinan mobil yang dulu Anda beli melalui perusahaan pembiayaan terbaik Indonesia menganggur lama di garasi terjadi sepanjang tahun alias setiap hari. Hal ini tak lain karena aturan pembatasan gerak, PSBB, hingga PPKM yang ditetapkan pemerintah baru-baru ini. Kenyataan ini barangkali membuat Anda bertanya-tanya apakah Anda perlu mengisi bensin mobil sampai penuh atau dibiarkan kosong saja?

Sebetulnya, masing-masing opsi punya argumennya sendiri-sendiri. Tapi, manakah yang paling tepat? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Hindari Mengosongkan Tangki Bahan Bakar

Satu hal yang penting adalah pastikan bahwa tangki bahan bakar mobil Anda tidak dalam kondisi nyaris habis, atau bahkan sampai kosong melompong. Artinya, bensin mobil jangan sampai dalam kondisi E. Setidaknya, isi tangki bahan bakar minimal seperempat kapasitasnya. Akan lebih bagus lagi kalau Anda mengisinya sampai penuh.

Risiko Bensin Kosong Saat Mobil Terparkir Lama

Apabila Anda nekat membiarkan isi tangki bensin nyaris kosong atau benar-benar kosong, apalagi dalam jangka panjang, justru ada berbagai risiko masalah yang bisa muncul, lho! Masalah-masalah tersebut adalah sebagai berikut:

  • Muncul karat pada tangki bahan bakar karena penguapan dari sisa-sisa bensin yang ada di dalamnya. Sebab, bensin pasti mengalami penguapan saat mobil terparkir lama yang membuat volume bensin terus-menerus berkurang. Risiko ini bisa dicegah kalau isi tangki cukup atau bahkan penuh sebelum Anda parkirkan di garasi dalam waktu lama.
  • Terjadinya kondensasi atau pengembunan. Padahal, jika air sampai tercampur dengan bensin, besar risiko mobil mogok begitu dinyalakan nanti. Sedangkan pada tangki yang terisi bensin hampir penuh atau bahkan sampai penuh, tidak akan ada ruang kosong yang cukup sebagai “rumah” bagi peristiwa kondensasi dan air. 
  • Mempersulit Anda saat kondisi darurat di mana Anda butuh menggunakan mobil dengan segera. Sebab, Anda jadi harus mencari SPBU terlebih dahulu, kan? Coba bayangkan kalau Anda harus segera ke rumah sakit atau dalam kondisi darurat lainnya, tapi ternyata bensin di tangki mobil kosong sehingga Anda tidak bisa langsung menjalankan keperluan Anda. Tentu situasi ini akan merepotkan Anda.
  • Kesulitan memanaskan mobil dengan benar. Padahal, mesin mobil tetap harus rutin dinyalakan dan dipanaskan meskipun sedang tidak Anda gunakan untuk bepergian. Di samping itu, idealnya mobil juga tetap perlu dibawa jalan ke luar, meskipun hanya di sekeliling kawasan rumah Anda selama kira-kira 15 menit secara rutin, minimal seminggu sekali.

Sekarang Anda sudah tahu dan paham, kan, pentingnya mengisi tangki bahan bakar mobil, bahkan meskipun mobil akan lebih banyak diparkir di garasi dalam jangka panjang? Semoga informasi di atas berguna, ya.

Bisnis

Tinggalkan Balasan