Cara Sukses Melakukan Marketing Dengan Menggunakan Instagram Influencer

Instagram Influencer

Belakangan ini Instagram menjadi salah satu platform paling terkenal yang disasar oleh pengusaha untuk melakukan digital marketing. Para Instagram Influencer (tokoh yang menjadi medium tren bagi masyarakat) sering sekali disewa untuk melakukan endorse bagi produk yang ingin diiklankan.

Peluang pemasaran online yang dilakukan melalui sewa jasa Instagram Influencer memang sangat luas. Bahkan banyak sekali perusahaan dengan skala besar maupun kecil menggunakan Instagram sebagai salah satu senjata melakukan pemasaran produk mereka. Tak heran jika pekerjaan sebagai influencer Instagram banyak sekali dirintis terutama oleh kaum muda.

Pada artikel ini kami akan membahas terkait cara sukses melakukan marketing dengan menggunakan jasa dari pemberi pengaruh Instagram.

“Kualitas” Lebih Penting Dari “Kuantitas”

Ketika ingin menyewa jasa dari sebuah influencer Instagram, dua hal yang harus Anda perhatikan yaitu jumlah followers akun tersebut dan tingkat interaksi / keterlibatan followers mereka. Jumlah pengikut memang penting, akan tetapi tingkat interaksi pada trafik akun tersebut akan bisa membuat brand Anda mengalami peningkatan awareness.

Misalkan Anda telah bekerjasama dengan pihak influencer yang tingkat interaksinya rendah. Bukan berarti Anda harus memberhentikan proses kampanye tersebut. Lakukan cara lain dengan mencari influencer yang memiliki tingkat keterlibatan tinggi. Cara ini nantinya akan membuat brand yang Anda iklankan mengalami peningkatan omzet kembali.

Hal ini berlaku juga untuk jumlah followers yang dimiliki oleh para influencer. Jika jumlah pengikutnya tersebut cukup banyak namun didapatkan dengan cara yang tidak baik – membeli followers palsu atau dengan mencari sensasi – hal itu tentu saja buruk untuk brand Anda. Lebih baik perusahaan Anda bekerjasama dengan influencer dengan citra positif namun pengikutnya sedikit daripada kecipratan getah dari influencer yang punya citra buruk.

Utamakan Autentikasi Produk

Banyak para Instagram Influencer yang membocorkan rahasia mengenai produk yang mereka endorse namun hasilnya mengecewakan. Jika hal ini terjadi pada brand Anda, dampaknya akan sangat fatal karena mempengaruhi citra produk Anda di masa depan. Bahkan usaha Anda untuk bangkit dari anggapan buruk audiens juga bisa berakhir percuma.

Cara sukses untuk menghindari kegagalan branding ini adalah dengan mengutamakan autentikasi produk. Contohnya dengan memberikan waktu bagi para influencer untuk benar-benar menggunakan produk Anda dan membuktikan khasiatnya. Jangan terkesan memaksa mereka untuk memberikan review positif, utamakan keaslian produk dan brand Anda akan mendapatkan hasilnya.

Pilih Orientasi Instagram Influencer Yang Relevan Dengan Produk

Ada banyak sekali orientasi yang dipilih oleh akun-akun influencer di luar sana. Ada yang memilih untuk membuat konten-konten seputar kosmetik, skincare, teknologi, dan lain sebagainya. Perbedaan orientasi tersebut membuat mereka memiliki nilai diri yang dikenal oleh masyarakat.

Perusahaan Anda pun harus pintar-pintar memilih orientasi influencer yang relevan dengan produk. Jangan sampai Anda yang memproduksi minuman berenergi menyewa influencer yang orientasinya mengunggah konten-konten seputar skincare. Itu ngga lucu. Walaupun banyak juga para influencer –yang karena terdesak masalah ekonomi- terpaksa melakukan itu, jangan pernah tertarik untuk bekerjasama dengan influencer yang tak relevan demi menjaga nama baik brand.

Penutup

Merambah teknik pemasaran online bukan berarti Anda bisa sembrono dalam menyewa influencer Instagram. Karena sembarang memilih mitra juga bisa menjadi kejatuhan produk Anda sendiri. Sehingga dengan menerapkan berbagai tips dan cara sukses yang telah kami beritahukan di atas, proses pemasaran produk Anda akan berhasil.

Tekno

Tinggalkan Balasan