Bagaimana Cara Unifikasi SPT Masa dan Apa Definisi Sesungguhnya?

cara unifikasi spt masa

Proses unifikasi masa pajak penghasilan, kini semakin banyak diperbincangkan masyarakat. Tentu saja ada tujuan tertentu dalam melakukan pembayarannya. Upaya tersebut juga dilakukan demi penyederhanaan administrasi pajak. Namun, di sisi lain tidak semua orang paham bagaimana cara unifikasi spt masa yang sesuai prosedur.

Apa Itu Unifikasi SPT Masa?

Pada umumnya, unifikasi ini merupakan hal yang bersifat menyatukan atau melakukan penyatuan ataupun hal menjadi seragam. Selain itu juga disebut sebagai penyempurnaan dari pembinaan hukum nasional. Sedangkan SPT menurut UU Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, yaitu surat yang digunakan WP.

Wajib Pajak menggunakannya guna melaporkan pembayaran serta penghitungan pajak, objek / bukan objek pajak atau bahkan harta maupun kewajibab yang sesuai dengan ketentuan peraturan UU. Di dalam UU KUP, surat ini terbagi menjadi 2 kelompok berdasarkan waktu pelaporannya.

Pertama adalah SPT Tahunan (dilaporkan secara tahunan dan terbagi menjadi 2 jenis seperti SPT Tahunan PPh Wajib Pajak OP dan juga PPh Wajib Pajak badan). Kedua, ada SPT Masa yang dilaporkan hanya sesuai bulan (masanya) saja. Meliputi PPh, PPN, PPnBM dan juga pemungut PPN.

Cara Unifikasi SPT Masa PPh

Perlu diketahui, bahwa bukti potong atau pungut dari unifikasi serta unifikasi SPT masa PPh, bisa dalam bentuk kertas. Misalnya saja seperti tanda terima, juga bisa dilayani dalam bentuk dokumen elektronik yang nantinya dapat disampaikan melalui aplikasi bukti pemotongan / pemungutan.

Dalam rangka melakukan unifikasi, Anda harus memenuhi beberapa kriteria terlebih dahulu. Seperti khusus formulir kertas harus membuat tidak lebih 20 bukti pemotongan dalam 1 masa pajak saja. Lalu Membuat bukti pemotongan lagi dengan dasar pengenaan PPh tidak lebih 100 juta.

Sedangkan khusus dalam bentuk dokumen elektronik, harus membuat lebih 20 bukti 1 masa pajak. Ada bukti pot atau put lebih dari 100 juta 1 masa pajak, telah menyampaikan SPT masa elektronik dan masih banyak lagi. Jika kriterianya sudah lengkap, Anda hubungi kantor pajak terdekat untuk melakukan unifikasi SPT Masa PPh.

Informasi Unifikasi SPT Masa PPh

Tidak banyak orang mampu memahami apa itu unifikasi SPT Masa PPh. Namun, tidak perlu khawatir karena pihak pajak menyediakan website khusus yang menjelaskan berbagai macam informasi penting mengenai hal tersebut. Termasuk pada penjelasan di bawah ini :

  1. Manfaat Unifikasi SPT Masa PPh

Pada dasarnya, setiap perbuatan atau melaksanakan sesuatu itu ada manfaat tersendiri. Sama halnya ketika Anda melakukan unifikasi SPT Masa PPh ini, ada manfaat yang perlu diketahui di balik semua upaya wajib pajak tersebut. Tidak hanya menguntungkan otoritas pajak saja, masih ada hal lain lagi.

Unifikasi SPT Masa PPh ini tidak hanya menguntungkan otoritas pajak, mengingat dapat menekan biaya pengumpulan penerimaan. Namun, juga dapat memberikan kemudahan untuk Wajib Pajak ketika melaporkan kewajiban pajak mereka. Diharapkan derajat kepatuhan terhadap suatu kewajiban meningkat.

  1. Klikpajak Untuk Unifikasi

Salah satu keunggulan dari Klikpajak, yaitu memiliki fitur yang cukup lengkap. Dapat membantu serta mempermudah semua urusan perpajakan. Baik untuk pelaku usaha, konsultan dan juga wajib pajak. Bahkan mereka juga akan mengarahkan customer dalam melakukan unifikasi SPT Masa PPh.

Dengan adanya Klikpajak, maka sebagian besar wajib pajak akan semakin dipermudah dalam melakukan unifikasi. Namun, persyaratannya tetap WP yang menjalani dan memenuhinya. Jadi, pihak perusahaan hanya memberikan arahan.

Jangan lupa, bahwa di samping apa yang dilakukan itu pasti perlu dipertanggung jawabkan. Seperti halnya dalam urusan perpajakan. Dengan adanya pembahasan di atas, diharapkan Anda mampu mengetahui cara unifikasi spt masa beserta dengan definisinya.

Bisnis, Tips

Tinggalkan Balasan