6 Manfaat Jinten Hitam yang Harus Anda Ketahui

Manfaat jintan hitam

Jinten hitam (black seed) atau yang dikenal juga dengan sebutan Habbatussauda merupakan salah satu bahan alami yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan di India dan Timur Tengah. Selain itu jinten hitam yang memiliki nama latin Nigella sativa ini juga sangat populer digunakan sebagai bahan dalam pengobatan tradisional selama lebih dari ribuan tahun silam. Terlebih menurut banyak penelitian menunjukkan bahwa bahan alami yang satu ini memiliki manfaat kesehatan dan mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Anda perlu mengetahui manfaat jinten hitam karena bisa saja sangat berkhasiat untuk mengatasi penyakit atau masalah kesehatan yang Anda derita.

Di dalam jinten hitam terkandung banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia, seperti karbohidrat, lemak sehat, protein, asam oleat, asam linoleat, serta, kalsium, zat besi, kalium, natrium, dan antioksidan. Untuk pengobatan atau kecantikan, biasanya minyak jinten hitam lah yang dimanfaatkan. Karena minyaknya tersebut mengandung thymoquinone yang mana merupakan senyawa antioksidan dan antiradang, serta memiliki sifat mampu menghambat pertumbuhan tumor. Untuk pengobatan atau kecantikan, biasanya orang-orang mengonsumsi jinten hitam dalam bentuk kapsul. Namun ada juga yang mengoleskannya secara langsung. 

Ada beragam manfaat kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi atau mengaplikasikan minyak jinten hitam, antara lain sebagai berikut:

Membantu menurunkan berat badan.

Dari penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi suplemen habbatussauda bisa membantu menurunkan indeks masa tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi bahan alami ini, maka berpotensi mengatasi permasalahan obesitas yang kerap dialami oleh banyak orang.

Menjaga kecantikan kulit. 

Tidak hanya bagus untuk kesehatan, nyatanya jinten hitam juga sangat bagus untuk kecantikan. Jinten hitam banyak digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Jinten hitam bagus untuk mengatasi masalah jerawat wajah karena memiliki efek antimikroba dan antiradang yang dipercaya mampu memperbaiki kondisi jerawat. Sedangkan pada psoriasis menunjukkan penelitian jika minyak jinten hitam memiliki manfaat antipsoriatik.

Mengatasi permasalahan intertilitas pria.

Pada pria yang memiliki permasalahan berupa sperma yang abnormal, maka penggunaan minyak jinten hitam akan sangat membantu. Karena dengan menggunakan jinten hitam bisa memperbaiki gerakan sperma, meningkatkan jumlahnya, serta bisa meningkatkan volume air mani. 

Mengobati gejala alergi pada saluran napas.

Dari penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi minyak jinten hitam akan membantu mengurangi berbagai gejala alergi, seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, hidung gatal, dan hidung berair setelah penggunaan selama dua minggu. Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sinusitis karena di dalam minyak jinten hitam sudah mengandung senyawa antioksidan, antiinflamasi, antihistamin, antimikroba, serta efek analgesic.

Mengendalikan kondisi pada penderita diabetes.

Dengan mengonsumsi minyak jinten hitam, Anda juga bisa mengontrol diabetes. Karena bahan alami ini akan membantu memperbaiki kadar gula darah dan kadar kolesterol darah. Sehingga kondisi pada penderita diabetes akan berangsur-angsur membaik dan selalu stabil. 

Membantu menyembuhkan dari penyakit kanker.

Dari hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa kandungan thymoquinone pada minyak jinten hitam bisa mempengaruhi kematian sel terprogram atau apotosis dalam beberapa jenis sel kanker. Hal ini termasuk pada kanker otak, leukemia, dan sel kanker payudara.

Itu tadi beberapa manfaat jinten hitam bagi kesehatan dan kecantikan yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang sedang mengupayakan kesehatan namun menginginkan produk yang benar-benar alami, maka kapsul Jinten Hitam bisa menjadi pilihan vitamin terbaik dari herbana. Karena produk herbal dari Herbana 100% terbuat dari bahan-bahan alami. Selain itu setiap prosesnya sudah menggunakan teknologi modern dan kontrol yang ketat. Sehingga produk jinten hitam dari Herbana benar-benar berkualitas terbaik. 

Kesehatan, Lifestyle

Tinggalkan Balasan