3 Cara Tepat Melestarikan Budaya Lokal Indonesia

budaya indonesiaDitengah gempuran budaya asing yang masuk ke Indonesia, generasi Millenial berbondong-bondong mengagumi tren yang tengah kekinian. Menerima yang positif dan membuang dampak yang negatif harus dilakukan dengan baik agar kecintaan generasi penerus pada budaya lokal tidak terkikis. Indonesia terdiri dari belasan ribu pulau yang didiami berbagai suku bangsa dengan adat, tradisi dan budaya masing-masing. Riverspace menjadi media belajar anak-anak muda untuk mencintai budaya negeri sendiri.

Melestarikan Budaya Negeri Sendiri
Agar budaya lokal Indonesia tetap terjaga dan lestari, perlu pendidikan dini untuk generasi muda agar mencintai budaya leluhur negeri sendiri. Bagaimana cara tepat melestarikan adat budaya lokal di Indonesia? Yuk, simak beberapa tips penting yang harus Anda terapkan berikut :

1. Mengajarkan budaya
Jika diri sendiri sudah bertekad untuk mencintai dan menjaga budaya, maka Anda bisa mulai mengajarkan budaya pada orang lain. Mulai saja dengan langkah sederhana seperti mempelajari budaya yang ada di Indonesia, misalnya pengetahuan tentang tari adat dari berbagai daerah, keberagaman alat musik tradisional dan lain-lain. Bekal pengetahuan bisa Anda sampaikan pada orang lain di lingkungan sekitar, teman atau sekolah.

2. Memperkenalkan budaya kepada negara lain
Jangan malu mengenalkan budaya ke negara lain, ya! Anda harus menunjukkan jati diri bangsa Indonesia yang sesungguhnya dengan rasa bangga pada keberagaman budaya di negeri sendiri. Bahkan, turis luar negeri begitu kagum dengan kebudayaan tradisional Indonesia. Anak bangsa sendiri enggan melanjutkan dan melestarikan, apa kata dunia?

3. Tidak mudah terpengaruh dengan budaya asing
Budaya asing bebas masuk ke negeri Indonesia seiring perkembangan teknologi dan informasi. Penting sekali untuk membekali diri dengan prinsip memegang teguh budaya ketimuran. Meski banyak orang yang bilang ketinggalan jaman, tetapi Anda tidak boleh mudah terpengaruh dengan budaya asing. Ambil yang positif dari budaya asing dan buang hal yang bersifat negatif dan tidak sesuai budaya yang berlaku di Indonesia.

Kalau bukan penerus bangsa yang mencintai budaya sendiri, siapa lagi ya? Riverspace bisa menjadi tempat Anda belajar budaya dan pengetahuan yang membangun negeri lebih baik lagi.

Pendidikan

Tinggalkan Balasan