Penyebab Gigi Keropos Anak yang Wajib Anda Ketahui

Gigi keropos atau karies sering menjadi masalah untuk anak-anak maupun dewasa. Penyakit jenis ini bersifat destruktif atau merusak. Karena dapat memberi dampak yang buruk, misalnya infeksi, pembusukan, serta menyebabkan lubang.

Penyebab Gigi Keropos pada Anak

Beragam penyebab gigi keropos perlu Anda ketahui agar dapat menghidari serta melakukan tindakan pencegahan. Apalagi untuk anak-anak, tentu hal tersebut akan sangat mengganggu. Pada tingkat lebih lanjut, dapat mengakibatkan pembusukan hingga infeksi. Lantas apa saja penyebabnya?

1. Konsumsi Gula berlebih

Makanan manis memang sangat menarik perhatian banyak orang, terutama pada anak kecil. Mengkonsumsimya secara berlebihan tentu dapat menyebabkan beberapa masalah serius pada gigi. Karena adanya kandungan gula di dalamnya serta tidak merawat dengan benar.

Permen, coklat, serta makanan manis lainnya memang banyak disukai oleh anak. Untuk itu setelah memakannya usahakan menykat gigi secara baik dan benar. Pengeroposan sendiri terjadi pada lapisan paling luar atau enamel.

2. Mengkonsumsi Obat Tertentu

Beberapa obat dapat menjadi penyebab gigi keropos meski dengan resep dokter, karena bahan penyusunnya. Misalnya saja antidepresan, antihistamin, dekongestan, dan hipertensi. Efeknya yakni dapat menyebabkan mulut kering, inilah mengapa menjadikan rentan terserang karies.

Contohnya mengkonsumsi yang mengandung zat besi atau antibiotik tetrasiklin selama proses kehamilan menimbulkan noda pada gigi anak. Akibatnya dapat menjadi pemicu terjadinya pengeroposan. Untuk itu, penting sebelumnya memperhatikan bahan penyusun obat.

3. Kebiasan Menyusu atau Menghisap Dot Sebelum Tidur

Kebiasaan menyusu atau menghisap dot sebelum tidur, dapat menyedabkan gula yang terkandung di dalamnya mengalami proses pengolahan oleh bakteri jahat menjadi asam. Akibatnya gigi anak menjadi busuk dan akhirnya mengalami karies.

Sebelum tidur usahakan menyikat gigi anak dengan pasta yang mengandung fluoride. Selain itu pemilihan jenis sikat juga sangat penting, Anda bisa memilihkan dengan kepala dan bulu yang sangat lembut sehingga dapat menjangkau sela gigi serta membersihkan secara sempurna.

4. Tidak Menjaga Kebersihan Gigi

Sisa makanan yang tidak dibersihkan secara sempurna akan menghasilkan lapisan tipis, lengket bernama plak. Pada tempat tersebut merupakan tempat tinggal jutaan bakteri. Semakin lama akan menyerang lapisan email gigi dan menyebabkan karies atau keropos.

Kebersihan gigi merupakan hal utama yang perlu mendapatkan perhatian lebih. Yakni dengan menyikatnya sebelum tidur, 30 menit setelah makan, dan sebagainya. Serta usahakan setiap beberapa bulan sekali memeriksakannya pada dokter spesialis.

Cara Mencegah Gigi Keropos pada Anak

Menyikat gigi teratur pagi dan malam menggunakan pasta dengan kandungan fluoride dapat mengurangi pengeroposan. Selain itu, pemilihan sikat untuk anak usahakan berbulu lembut serta berkepala kecil. Fungsinya agar dapat menjangkau dan membersikan secara sempurna pada sela-sela.

Menjaga kesehatan gigi memang sangat penting. Agar anak tidak selalu mengkonsumsi produk manis, maka Anda dapat menggantinya dengan makanan sehat seperti buah dan sayar yang dikreasikan agar lebih menarik.

Pemberian susu pada anak usahakan lima belas menit sebelum tidur. Selain itu konsultasikan pada dokter spesialis secara berkala. Ada banyak akibat buruk yang timbul dari pengeroposan, untuk itu perawatan gigi secara baik dan benar dapat mencegah hal tersebut terjadi.

Gigi keropos tentu sangat mengganggu, karena menimbulkan beberapa dampak buruk. Misalnya gigi berwarna kehitaman, berlubang, mahkota gigi yang tidak utuh lagi, lebih parahnya rasa ngilu dapat muncul. Untuk itu penting memperhatikan kesehatan gigi dan mulut.

Keluarga, Kesehatan

Tinggalkan Balasan