4 Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis UKM

Pinjaman modal usaha

Belakangan ini banyak orang yang ingin terjun ke dunia bisnis akan tetapi selalu saja terkendala oleh dana. Meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir karena pada faktanya ada banyak badan usaha yang bisa meminjami keperluan tersebut. Ada banyak pinjaman modal usaha yang bisa dimanfaatkan.

Daftar Pinjaman Modal Usaha

Bagi yang memiliki dana terbatas, mungkin bisa mencoba melakukan peminjaman untuk membantu usaha berkembang. Setidaknya dengan adanya suntikan modal, Anda bisa bernafas lega dalam menjalankan bisnis. Berikut di antaranya:

  1. Pinjaman Modal Ventura

Pinjaman modal ventura bisa menjadi salah solusi bagi Anda yang kesulitan dana pada awalnya. Hanya saja lembaga ini memang non bank akan tetapi cukup terpercaya. Model kerjanya sendiri hampir sama dengan saham.

Para peminjam akan melakukan kontrak pada awalnya untuk menentukan persentase bagi hasil. Akan tetapi, bisa juga memilih pilihan lain seperti equity financing, yaitu pembiayaan langsung atau semi financing yang artinya pinjaman modal dalam bentuk saham maupun obligasi.

  1. Pinjaman Dana KUR

Pinjaman dana KUR (Kredit Usaha Rakyat) adalah lembaga bank yang menyediakan pinjaman modal usaha bagi masyarakat yang membutuhkan. Pilihan seperti ini adalah cara meminjam dengan agunan atau syarat tambahan yang diperlukan.

Misalnya seperti rekening listrik, NPWP, hingga keterangan usaha yang akan berjalan. Untuk bisa meminjamnya Anda bisa langsung datang ke bank-bank terdaftar dan mulai mengajukan jumlah dana dengan menyertakan syarat-syaratnya.

  1. Pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Pinjaman KTA atau Kredit Tanpa Agunan bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin meminjam dana usaha ke bank. Bahkan untuk jenis ini belakangan sangat populer karena mampu memberikan tenor waktu hingga 60 bulan.

Persyaratan awalnya pun sama saja dengan pinjaman dana KUR sehingga Anda harus menyiapkannya dari rumah. Hanya saja biasanya mereka akan melakukan BI Checking terlebih dahulu sebagai salah satu syarat untuk mengetahui riwayat kredit si peminjam.

  1. Pinjaman Online

Bagi Anda yang tidak ingin ribet atau bahkan tidak terlalu memiliki waktu untuk mendatangi bank, maka bisa mencoba pinjaman online ini. Akhir-akhir ini telah banyak lembaga yang berkembang dalam bidang tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Secara umum persyaratannya pun tidak jauh berbeda hanya saja cara pengajuannya secara online. Namun, sebelum itu perhatikan terlebih dahulu bahwa lembaganya telah terdaftar secara resmi dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Indonesia.

Cara Melakukan Pinjaman Online Terpercaya

Memang modal adalah hal yang paling penting sehingga tidak boleh terlewatkan ketika akan membangun sebuah bisnis. Meskipun tidak semua usaha pada awalnya memerlukan dana besar, akan tetapi tetap saja sebagai pebisnis harus memiliki perencanaan finansial.

Tunaiku adalah salah satu contoh pinjaman KTA Online tanpa jaminan sehingga proses bisa lebih cepat dan mudah. Akan tetapi mereka cenderung memberikan plafon tinggi dengan tenor waktu antara 6 sampai 20 bulan.

Untuk plafon pinjamannya sendiri bisa mulai dari Rp 2 juta sampai Rp 20 juta dengan jangka waktu pengembalian tersebut. Jadi, solusi meminjam modal seperti ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memanfaatkan KTA tanpa ribet.

Untuk pendaftarannya sendiri Anda bisa mulai mengakses Tunaiku.com atau dengan mengunduh aplikasinya. Baru setelah itu ikuti petunjuk pendaftaran yang tertera. Sebelumnya jangan lupa menyediakan foto scan dari persyaratannya.

Dari beberapa pinjaman modal usaha tersebut salah satunya bisa menjadi alternatif bagi Anda yang kesulitan dana ketika akan membangun bisnis. Hanya saja sesuaikan jumlah uang yang akan dipinjam dengan kemampuan membayarnya.



Bisnis
Tags: 

Tinggalkan Balasan