Si Kecil Susah Makan? Mom’s Lakukan Trik Ini agar Anak Nafsu Makan!

pinterest.com

MediaNet – Sebagai orang tua, kita tentu harus memperhatikan asupan kalori yang dibutuhkan tubuh si kecil. Kalori yang dibutuhkan setiap anak berbeda-beda, semua tergantung pada jenis kelamin, usia, dan juga kondisi kesehatannya. Anak yang tiba-tiba susah makan tidak seperti biasanya membuat sebagian besar orang tua merasa cemas dan khawatir. Jika si kecil begini terus, kesehatannya pun bisa terganggu, bahkan membuatnya jadi sakit.

Oleh karena itu, orang tua perlu melakukan berbagai macam cara agar nafsu makan anak meningkat. Nah, berikut ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi anak yang susah makan.

1. Variasikan Menu Makanan dan Buat Tampilan Semenarik Mungkin

pinterest.com

pinterest.com

Anak lebih mudah merasa bosan. Nah, mungkin saja si kecil bosan dengan menu makanan yang sama setiap hari. Cobalah berikan menu makanan yang bervariasi setiap hari pada anak. Bahan makanan yang semakin bervariasi juga akan membuat makanan tersebut semakin bernutrisi. Jangan lupa buat selalu menyediakan menu makanan dengan penampilan yang semenarik mungkin. Contohnya, menghias telur puyuh menjadi karakter lucu atau membentuk nasi menjadi kartun favoritnya. Kreasikan lah menu makan supaya anak bernafsu buat makan.

2. Buat Jadwal Makan Anak Setiap Hari

pinterest.com

pinterest.com

Buatlah jadwal makan setiap hari dengan rutin pada anak sejak dini. Ini bakal membantu kamu saat anak sulit makan. Sehingga si kecil sudah terbiasa buat makan pada jam yang sama secara rutin. Menerapkan jadwal rutin agar anak mau makan juga bisa berdampak baik buat pola makannya saat ia sudah dewasa.

3. Pastikan Anak Tidak Banyak Minum

pinterest.com

pinterest.com

Anak biasanya lebih banyak minum saat makan. Ini cuma akan membuatnya cepat kenyang dan bikin nafsu makannya menurun. So, saat anak makan beritahu lah supaya ia jangan terlalu banyak minum. Agar lebih mudah berikanlah minum satu gelas buat satu kali makan. Jika sudah selesai makan, kamu bisa memberikannya minum tambahan.

4. Berikan Camilan Enak dan Bergizi

pinterest.com

pinterest.com

Biar asupan makan anak tidak berkurang, cobalah akali dengan memberikan anak berbagai cemilan enak dan bergizi. Buatlah cemilan sendiri karena itu menjamin bahwa makanan itu sehat buat si kecil. Kamu bisa membuat puding telur, nugget daging, martabak mini isi buah, es krim buah, bolu pisang dan sebagainya. Dengan membuat cemilan sendiri juga dapat menjamin kebersihannya, bukan?

5. Jangan Paksa Anak

pinterest.com

pinterest.com

Ketika anak gak mau makan mungkin kamu jadi tidak sabaran dan malah memaksanya buat makan. Hal seperti ini padahal akan membuat nafsu makanya jadi berkurang, lho. Anak bakal semakin malas dan menghindar ketika disuruh makan. Oleh sebab itu, lakukanlah cara lain untuk membuat si kecil mau makan. Misalnya, dengan membujuknya dengan cara yang lebih halus dan lembut.

6. Berikan Makanan Penuh Nutrisi

pinterest.com

pinterest.com

Hal yang perlu kamu pastikan agar anak nafsu makan adalah dengan memberikan makanan penuh nutrisi. Mineral dan vitamin yang terkandung dalam makanan juga dapat meningkatkan nafsu makan pada anak. Jadi, usahakan kalau kamu memberikan menu makan yang bernutrisi buat si kecil ya.

7. Pergi Konsultasi Ke Dokter

pinterest.com

pinterest.com

Kalau nafsu makan si kecil tidak kunjung baik, malah anak cenderung menolak makanan yang kamu berikan. Ada baiknya pergi konsultasi ke dokter. Karena, ada sejumlah kondisi kesehatan yang bisa menurunkan tingkat nafsu makan anak kamu. Dengan berkonsultasi, tentunya dokter bakal memberikan solusi yang tepat buat mengatasi permasalahan pada anak.

Semoga dengan menerapkan cara-cara di atas masalah anak yang susah makan bisa teratasi dengan baik ya, mom’s!

Keluarga, Kesehatan