Penyebab Wajah Kusam Saat Hamil Muda

wajah kusam

Saat hamil muda, seseorang seringkali mengalami berbagai masalah. Salah satunya adalah keluhan wajah kusam. Wajah kusam saat hamil umumnya disebabkan karena hormon. Untuk mengatasinya, ibu hamil harus berhati-hati sehingga tidak mengganggu janin yang ada di dalam rahim.

Faktor Penyebab Wajah Kusam saat Hamil Muda

Kusam pada wajah di masa hamil muda bukan tanpa sebab. Ada beberapa hal yang mempengaruhinya. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Produksi Melanin yang Meningkat

Saat hamil muda, produksi Melanin dalam tubuh akan semakin meningkat. Hal itu menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit, salah satunya menyebabkan wajah kusam. Jika hormon kehamilan tersebut menurun, maka kusam tersebut akan hilang dengan sendirinya.

  1. Morning Sickness

Penyebab wajah kusam saat hamil selanjutnya adalah mual dan muntah di trimester pertama. Tidak sedikit ibu hamil yang mengalami hal ini. Itu disebabkan karena muntah menyebabkan ibu hamil kekurangan cairan di bagian kulitnya. Kulit wajah yang tidak terhidrasi secara maksimal akan cenderung kusam.

Solusi Aman Atasi Wajah Kusam saat Hamil Muda

Ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih formula untuk mengatasi wajah kusam. Sebaiknya, hindari penggunaan krim-krim berbahaya karena itu dapat mengancam kesehatan janin. Berikut beberapa cara yang aman dilakukan:

  1. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Cara aman pertama adalah dengan menghindari sengatan matahari langsung terlalu sering. Jika terpaksa harus keluar, sebaiknya gunakan penutup seperti topi. Hal ini lantaran sinar matahari mengandung zat radikal bebas yang dapat merusak kulit wajah.

  1. Konsumsi Asam Folat

Agar kulit kusam di wajah dapat segera hilang, usahakan mengkonsumsi Asam Folat dalam jumlah cukup. Selain bagus untuk perkembangan janjin, Asam Folat juga dapat mencegah perubahan warna pada wajah termasuk masalah wajah kusam.

  1. Konsumsi Makanan Kaya Akan Vitamin

Asupan makanan sehat juga bisa menghindarkan ibu hamil dari wajah kusam. Oleh sebab itu, pilih aneka makanan yang kaya akan vitamin, seperti buah-buahan; sayur-sayuran; daging segar dan banyak lagi lainnya.

Cara mengatasi wajah kusam saat hamil muda memang tidak mudah. Mengingat saat hamil, seseorang tidak diperkenankan menggunakan obat ataupun krim sembarangan. Dengan beberapa cara alami di atas, kulit menjadi cantik dan sehat, bayi pun tetap aman.

Kesehatan
Tags: 

Tinggalkan Balasan