PCR Test Terdekat yang Dapat Dijadikan Rujukan

PCR Test Terdekat
Di saat musim pandemi seperti sekarang ini, tentu setiap orang yang pernah berkontak ataupun bertemu dengan pasien positif terpapar virus Covid-19 harus melakukan serangkaian prosedur pemeriksaan. Alangkah baiknya jika datang ke PCR Test Terdekat agar segera dipastikan terpapar atau tidak.

Apa Itu PCR Test?
Penyebaran virus Covid-19 terjadi begitu cepat ke berbagai negara di belahan dunia. Hal itu membuat semua orang berbondong-bondong untuk melakukan segala cara agar tidak terinveksi. Termasuk pemerintah yang kini gencar memberikan peraturan-peraturan baru kepada warganya.

Namun, ketika secara tidak sengaja kontak dengan pasien terkait dan sudah timbul gejala-gejala terpapar virus, maka seseorang harus melakukan beberapa pemeriksaan di pusat kesehatan terdekat. Salah satunya yaitu PCR test.

PCR (Polymerase Chain Reaction) merupakan pemeriksaan labolatorium yang digunakan untuk mendeteksi adanya material genetik dalam tubuh manusia seperti sel, bakteri ataupun virus. Test ini dapat digunakan untuk diagnosa Covid-19.

Beberapa Penyakit yang Dapat Didiagnosis dengan PCR Test
Ketika sedang musim pandemi Covid-19, tentu PCR test sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Karena metode pemeriksaan ini sering digunakan untuk mendiagnosis seseorang yang mengalami gejala terpapar virus Corona.

Tetapi sebenarnya PCR test ini dapat mendiagnosis banyak penyakit yang disebabkan oleh virus, hanya saja kebetulan sekarang dinilai paling efektif dalam mendeteksi covid-19 dalam tubuh manusia dibandingkan dengan pemeriksaan lainnya.

Beberapa penyakit yang dapat didiagnosis dengan PCR test terdekat di antaranya Hepatitis C, Gonore, Klamida, Pertunis (Batuk Rejan), Infeksi Cytomegalovirus, Human Papillomavirus (HPV) dan Human Immunodeficiency Virus (HIV).

PCR Test untuk Mendiagnosis Virus Covid-19
Sudah menjadi hal umum jika seseorang yang diduga terpapar virus Covid-19 akan menjalani serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui diagnosis pasti. Salah satunya yaitu dengan melakukan PCR test di rumah sakit atau pusat kesehatan terdekat.

Prosedur pemeriksaan PCR test ini diawali dengan pengambilan sampel cairan maupun lendir serta dahak dari bagian Nasofaring, Orofaring, atau paru-paru dari orang yang diduga terpapar virus Covid-19. Kemudian di bawa ke labolatorium untuk diperiksa.

Proses pengambilan sampel cairan ini dilakukan menggunakan metode swab selama kurang lebih 15 detik serta tidak menimbulkan rasa sakit. Jadi, buat Anda yang akan melakukan PCR test, jangan takut karena dengan hasil apapun pasti akan tetap berguna.

Lama Waktu Keluar Hasil Pemeriksaan PCR
Jika biasanya orang melakukan sebuah pemeriksaan labolatorium untuk mendapatkan hasil diagnosis secepat mungkin agar bisa segera melakukan tindakan pengobatan yang tepat. Akan tetapi tidak semuanya bisa langsung keluar.

Berbeda dengan rapid test yang hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit saja hingga hasil langsung keluar. PCR test ini butuh beberapa jam dan bahkan hari untuk dapat menunjukkan diagnosis pasti terkait virus apapun, tidak hanya Covid-19.

Maka dari itu, ketika melihat keadaan sekarang dimana saat seseorang sedang atau sudah menjalani PCR test ini biasanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 14 hari atau dua minggu untuk mendapatkan hasil pasti.

Kelebihan dan Kekurangan PCR Test
Dibanding dengan metode pemeriksaan lainnya yang digunakan untuk pasien terpapar virus Corona, PCR test ini merupakan cara paling akurat untuk mengetahui apakah orang tersebut benar-benar positif Covid-19 atau tidak.

Akan tetapi pemeriksaan dengan metode PCR test membutuhkan waktu lebih lama dan prosedur yang sedikit lebih rumit dibandingkan lainnya. Hal itu tentu menjadi salah satu kekurangan jika menggunakan cara ini, namun hasil yang didapat tetaplah yang paling baik.

Sebelum melakukannya, alangkah baiknya Anda melakukan konsultasi kepada ahlinya. Salah satu caranya dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Platform ini akan memberikan solusi terlengkap terkait kesehatan. Aplikasi ini diciptakan pada bulan April 2016 oleh Jonathan Sudhata, bahkan sekarang sudah terdapat ratusan dokter yang siap membantu segala permasalahan kesehatan.

Nah, jadi bagi Anda semua jangan takut dan juga ragu untuk melakukan PCR test terdekat jika hal itu sangat diperlukan. Karena dengan diagnosis yang tepat maka prosedur pengobatan yang paling efektif pun dapat segera dilakukan agar tidak menyebar ke banyak orang.

Kesehatan
Tags: