Beragam Jenis Valve Kualitas Terbaik

Jual valve

Pengoperasian katup pada suatu industri migas pada umumnya dilakukan secara manual. Pengguna cukup merubah sudut tuas agar saluran dapat membuka atau menutup akses masuk. Tapi ada pula jenis valve lainnya yang dapat berjalan secara otomatis dengan sistem elektrik, pneumatic dan hidrolik.

Mengenal Beragam Jenis Valve Berkualitas
Bila ditinjau dari pengertiannya, valve pipa adalah bagian atau pengendali yang dapat mengarahkan aliran berupa padatan terfluidaisasi, cairan dan gas. Prosesnya antar lain membuka dan menutup baik secara penuh maupun sebagian dalam memberi akses. Berikut di antaranya:

1. Katup Pipa Kupu-Kupu
Ketika jual valve diberlakukan, salah satu jenisnya dikenal dengan Butterfly Valve. Katup pipa ini digunakan dalam mengatur gerak laju air dan gas. Biasanya dipakai untuk menangani materi gas dan zat cair bertekanan kecil. Desainnya terlihat sederhana dilengkapi dengan roda pemutar di bagian sisinya.

Butterfly valve juga dapat mengatur akses aliran zat cair dengan konsentrasi atau memiliki kekentalan tinggi. Jenis katup pipa ini terbuat dari baja karbon dan baja nirkarat yang sebelumnya dilakukan pengujian ketahanan. Proses membuka dan menutup secara penuh dengan memutar sebesar 90 derajat.

2. Katup Pipa Gerbang
Gate valve adalah komponen yang dapat membuka aliran zat cair dan gas melalui cara menaikkan gerbang penutup. Bentuknya berupa lingkaran atau persegi panjang. Valve pipa murah ini dijual karena memiliki keunggulan sebagai portal penutupan secara penuh dan bebas dari kontaminasi.

Pada bagian permukaan pipa terdapat roda pemutar untuk mengatur setiap aliran gas dan zat cair yang masuk. Gate valve paling sering ditemui pada berbagai tempat masuknya aliran air seperti waduk, dam sampai gorong-gorong. Katup pipa gerbang diproduksi dengan bahan baja tahan karat dan baja karbon.

3. Katup Pipa Bola
Ball Valve merupakan katup pengendali aliran dengan memiliki bentuk bola terbelah. Sebab di bagian tengahnya terdapat lubang, berada pada satu garis lurus terhadap kedua ujung valve. Saat katupnya menutup, lubang akan berada di posisi tegak lurus dengan pucuknya sehingga menghalangi laju aliran.

Tempat jual valve biasanya menyediakan jenis katup pipa seperti ini. Pada prakteknya ball valve dapat menangani tekanan hingga 10.000 psi dengan suhu mencapai 200° Celcius. Bahan utama yang membentuk katup pipa bola dapat berupa keramik, plastik dan logam tahan karat dan baja karbon.

4. Katup Pipa Globe
Konsep kerja dari globe valve tidak lain adalah pergerakan disk secara tegak lurus dari dudukannya. Desain dari katup pipa ini terdiri dari Angle, Y-Body dan Z-Body. Sedangkan bentuk disc mencakup tipe plug, regulating, flat, guide dan soft. Masing-masing bekerja sesuai fungsinya dalam mengatur laju aliran.

Valve pipa murah juga disediakan khusus untuk industri yang terlibat dengan zat cair. Bahkan globe valve dapat menangani kebocoran aliran air tanpa mengganggu jalannya wujud zat tersebut. Bahkan untuk laju aliran gas, katup pipa globe dapat pula dimanfaatkan pada oleh beberapa pabrik tertentu.

5. Katup Pipa Check
Jenis katup pipa berikut ini merupakan komponen untuk mengendalikan laju aliran zat agar mengalir ke satu arah saja tanpa terjadinya laju balik atau back flow. Pada prinsip kerjanya, bagian plug atau disc apabila terkena tekanan yang berasal dari arah berlawanan, perangkat tersebut akan menutup akses.

Demikian pembahasan mengenai berbagai jenis katup pipa yang biasanya dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Sebab didukung oleh kemampuan dan kapasitasnya dalam menangani laju aliran gas dan zat cair secara terukur.

Properti
Tags: