Alergi yang Disebabkan oleh Makanan

Alergi makanan merupakan suatu reaksi alergi yang banyak dikeluhkan oleh orang-orang. Reaksi tubuh yang berlebihan terhadap suatu jenis makanan tertentu terjadi akibat sistem kekebalan tubuh kita salah mengenali zat tertentu dalam makanan yang dianggapnya sebagai sebuah racun. Reaksi umum yang ditimbulkan ketika seseorang mengalami alergi adalah munculnya rasa gatal pada permukaan kulit hingga munculnya ruam pada kulit. Penyebab alergi makanan untuk tiap orang berbeda-beda. Berikut adalah macam macam alergi yang disebabkan oleh makanan. Anda bisa melihat uraian lengkapnya pada poin-poin berikut ini.

1. Alergi Susu Sapi

Alergi makanan yang satu ini menjadi satu macam alergi yang banyak diderita oleh bayi. Di Asia, ada banyak kasus alergi susu yang ditemukan pada bayi sampai balita. Beberapa anak mengalami alergi dari bayi hingga dewasa. Sebagian besar lainnya hanya mengalami alergi susu sampai umur 5 tahun. Menurut penelitian, ada sebanyak 90 persen bayi yang mengalami alergi susu akan sembuh dengan sendirinya setelah usianya menginjak 4 – 5 tahun.

2. Alergi Telur

Telur juga menjadi salah satu pemicu alergi yang banyak menimpa orang-orang. Alergi pada telur sangat umum ditemukan pada anak-anak. Alergi ini biasanya akan terus dibawa hingga anak-anak dewasa. Untuk anak-anak yang memiliki alergi telur, orang tua harus lebih waspada dengan beberapa jenis vaksin tertentu. Misalnya, vaksin flu biasanya mengandung protein telur yang bisa memicul munculnya reaksi alergi yang sangat serius. Seseorang yang mengalami alergi telur disarankan untuk menghindari penyebab alergen agar reaksinya tidak terus-terusan muncul. Reaksi yang dianggap sederhana ini bila terjadi secara terus-menerus tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

3. Kacang Pohon

Alergi pada kacang pohon juga menjadi satu macam alergi yang banyak dialami oleh anak-anak. Kacang-kacangan yang dihasilkan dari pohon, di antaranya adalah kacang almond, kacang mede, kacang walnut, kacang brazil, kacang macadamia, kemiri, dan lain sebagainya. Seseorang yang menderita alergi pada kacang pohon akan menimbulkan reaksi yang sangat mengganggu pada kulit dan saluran pernafasan.

4. Kacang Tanah

Selain kacang pohon, kacang tanah juga menjadi salah satu makanan penyebab alergi. Di Indonesia sendiri, sudah ada banyak orang yang mempunyai alergi kacang tanah. Alergi tersebut bisa muncul karena protein dalam kacang sangat pintar dalam memprovokasi sistem imunitas tubuh menjadi semacam serangan yang cukup mematikan. Alergi kacang tanah menjadi pemicu kematian paling umum yang telah menimpa beberapa orang. Biasanya, penderita alergi kacang tanah akan kesulitan bernafas. Jika gejala ini tidak lekas ditangani dengan serius, orang tersebut pun bisa kehilangan nyawa.

5. Kedelai

Macam macam alergi selanjutnya adalah alergi kedelai. Alergi kedelai bisa terjadi pada anak-anak atau orang dewasa. Bayi yang memiliki alergi pada susu formula biasanya juga memiliki alergi kedelai. Protein pada kedelai memiliki sifat yang hampir sama seperti protein susu sapi. Sistem imunitas tubuh mengenali protein tersebut sebagai suatu zat yang berbahaya sehingga sering menimbulkan reaksi berlebihan. Akan tetapi, alergi kedelai yang dialami anak akan hilang dengan sendirinya ketika mereka dewasa. Sementara alergi kedelai yang dialami orang dewasa bisa berlangsung dalam waktu lama. Mereka sebisa mungkin harus menghindari kedelai, termasuk kedelai yang sudah diolah dalam bentuk makanan lain, seperti kecap, tahu, tempe, maupun tepung kedelai.

Kesehatan