Siswa Tuna Netra SLB Negeri Jepon, Antusias Ikut UN

3

BLORA (Rakyat Independen)- Sejumlah siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Jepon, Blora, Sebanyak 11 siswa luar biasa tersebut antusias sekalai untuk mengikuti Ujian Nasional (UN), Senin (09/05/2016).

Kepala Sekolah SLB jepon Sutoto mengatakan dari 11 siswa SLB yang mengikuti ujian hanya ada satu siswa tuna netra yang mengikuti ujian nasional yaitu adalah Sriyani, sedangkan 10 siswa lainnya mengikuti ujian sekolah.

“10 siswa lainya yang mengikuti ujian sekolah mereka berkebutuhan khusus tuna graita sedang dan ringan” Kata Kepala Sekolah SLB jepon Sutoto, Senin (9/05/2016).

Menurutnya meskipun memiliki kekurangan, namun semangatnya perlu untuk ditiru oleh anak-anak yang sempurna. Dalam mengerjakan soal, secara khusus panitia menyediakan soal dan lembar jawaban dalam bentuk huruf braile, dikandung maksud untuk mempermudah anak untuk mengerjakan di lembar jawaban.

“Ini untuk yang ujian nasional menggunakan lembaran braile yang sudah disediakan oleh panitia,” ujarnya

Sutoto menjelaskan sebelum ujian berlangsung pihak sekolah SLB Negeri Jepon sebelumnya telah melakukan persiapan secara khusus, dengan memberikan bimbingan belajar atau les kepada para peserta ujian baik ujian nasional maupun ujian sekolah, diharapkan dengan hal ini siswa dapat mengerjakan soal ujian nasional dengan hasil yang baik.

“ Kami berharap hasil UN yang akan mereka peroleh bagus, sehingga bisa menjadi salah satu bekal untuk ikut mengabdi pada Nusa dan bangsa di tengah-tengah masyarakat umum,” tegasnya.

Sementara itu, Sriyani salah satu peserta UN mengatakan, dia tidak mengalami kesulitan dengan huruf braile yang digunakan, karena sebelum ujian telah melakukan persiapan dengan banyak membaca yang terkait simpul braile.

“ Belum ada kesulitan dan lancar dalam mengerjakan. Semoga saja hasil Un nantinya bisa memuaskan dan bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu tingkat SMA,” terangnya

Sekedar diketahui, untuk tahun ini di wilayah Blora ada sebanyak 13.965 siswa SMP Sedrajat yang mengikuti UN, yang akan berlansung selama 4 (empat) hari yang dimulai dari tanggal 09 Mei hingga berakhir 12 mei 2016. **(Priyo).

Loading...
Comments
Loading...