Foto pertemuan Amien Rais, Prabowo dan Habib Rizieq hilang dari Instagram

48

JAKARTA – Dunia media sosial tengah diramaikan dengan foto yang diunggah Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais di Instagram mendadak hilang.

Sebelum terhapus foto tersebut, akun @amienraisofficial itu memajang foto dirinya bersama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, dan pentolan FPI Habib Rizieq.

Pihak Amien Rais menuding bahwa apa yang dilakukan Instagram terkait foto yang diunggah lalu tiba-tiba dihapus, merupakan wujud ketidakadilan. Kejadian itu tak hanya sekali dua kali, namun berkali-kali pihak Instagram menghapus foto-foto pihaknya.

“IG akhirnya menghapus kembali berkali-berkali secara sepihak semua foto yang kami upload, yang berkaitan dengan tokoh tertentu,” tulis dalam akunnya, Selasa (5/6).

Dilanjutkannya, ini merupakan wujud terkekangnya ekspresi yang menjadi salah satu agenda reformasi.

“Ini bukti bahwa kebebasan berekspresi (yang bertanggung jawab) yang menjadi salahsatu agenda reformasi kembali diciderai; mengembalikan kita pada era yang represif (order baru), di tengah-tengah kebijakan-kebijakan populis yang palsu (order lama). Kita semua menantikan terang setelah zaman-zaman gelap, bukan sebaliknya! Mari #selamatkanindonesia,” lanjut tulisan tersebut.

Tak sedikit dari netizen pun turut prihatin terkait hal itu. Ramai-ramai mereka berkomentar yang bernada menyesalkan foto unggahan Amien Rais terhapus otomatis oleh pihak Instagram.
“Rezim ini panik dan semakin panik,” komentar @stwahdania01.

Menanggapi hal ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara angkat bicara. Menteri yang akrab disapa Chief RA ini mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah menyuruh Instagram untuk melakukan hal tersebut.

“Kami tidak meminta Instagram untuk menurunkan foto orang Indonesia yang sedang umroh di Mekkah yang banyak dibicarakan. Kami sedang fokus menangani konten-konten negatif seperti radikalisme-terorisme, perjudian, dan lain-lain,” ujarnya.

Dilanjutkannya, kejadian itu bisa terjadi karena adanya aduan dari pengguna Instagram sendiri. Sebagaimana diketahui, Instagram sebagai media sosial memiliki konsep User Generated Content (UGC) yang memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk aktif dalam platform tersebut.

“Secara teknis, yang mungkin terjadi adalah pemilik akun sendiri yang melakukan atau Instagram sendiri atau atas aduan masyarakat/komunitas pengguna Instagram, yang pasti bukan kami,” jelas dia.

Kejadian serupa, juga sebetulnya pernah dialami oleh akun Instagram Ustaz Abdul Somad. Bukan hanya foto yang hilang saja, tetapi akun Instagram miliknya lenyap tanpa bekas.

Instagram pun tak memberikan alasan mengapa akun milik Ustaz lulusan Maroko itu diblokir. Beruntungnya, kekuatan cuitan dari netizen membuat kembalinya akun Instagram milik Ustaz asal Pekanbaru, Riau tersebut.

Sumber: Merdeka.com

Loading...
Comments
Loading...