Home Sambang Desa Dandim 0813 Bojonegoro Ikuti Gropyok Hama Tikus Bersama Petani Sidobandung, Balen

Dandim 0813 Bojonegoro Ikuti Gropyok Hama Tikus Bersama Petani Sidobandung, Balen

SHARE
Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh Redinal Dewanto,S.Sos, saat turun ke sawah ikuti gropyok tikus bersama petani Desa Sidobandung, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, yang digelar Jum’at (8/12/2017).

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Kebersamaan TNI dengan rakyat makin mantap saja. Termasuk jalinan kerjasama pada pendampingan petani di bidang swasembada pangan nasional. TNI AD all out dalam membantu petani sejak persemaian benih, perawatan tanaman hingga panen padi. Dimana, Tentar selalu terlibat, dengan tujuan agar panen petani mencapai keberhasilan sehingga program Sewasembada pangan juga meraih kesuksesan.

Ketika tanaman padi diserang hama tikus, maka TNI AD juga terlibat untuk membantu petani dalam membasmi hama tikus itu, sehingga tanaman petani aman dan tak habis dimangsanya. Salah satu kegiatan gropyok tikus yang dilaksanakan oleh petani Desa Sidobandung, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, juga memperoleh perhatian dari Kodim 0813 Bojonegoro.

Dandim 0813 Bojonegoro dan anggotanya turut mendampingi petani, dalam melaksanakan kegiatan gropyok tikus, yang merupakan upaya membasmi hama tikus, yang digelar Jum’at (8/12/2017). Turut mendukung kegiatan tersebut, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Laboratorium PHPTPH Bojonegoro, dan kelompok tani, serta petani setempat dengan jumlah peserta sekitar 200 orang.

Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh Redinal Dewanto,S.Sos, dalam memberikan arahan kepada 200 orang yang turut hadir dan bakal mengikuti berburu tikus itu menyampaikan bahwa kegiatan Gropyok tikus sawah di Sidobandung itu, merupakan salah satu usaha TNI AD dalam memberikan bantuan pendampingan bidang pertanian bagi para petani padi itu.

Tampak anggota Kodim 0813 Bojonegoro bersama petani saat ikuti gropyok tikus yng berlangsung di Desa Sidobandung, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, yang digelar Jum’at (8/12/2017).

Dengan adanya kegiatan Gropyok tikus ini, diharapkan mampu menekan dan mengendalikan hama tikus sawah yang acapkali merugikan para petani. Melalui kerjasama yang baik antara Kodim 0813 Bojonegoro dan seluruh elemen yang hadir, diharapkan juga dapat membantu para petani dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen padi di wilayah Kecamatan Balen ini

“Kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas pelaksanaan kegiatan ini, semoga melalui kegiatan ini dapat mempererat hubungan TNI AD dengan rakyat dan elemen terkait guna mendukung dan mensukseskan program Ketahanan Pangan Nasional, sehingga mampu menjadikan Kabupaten Bojonegoro sebagai wilayah lumbung pangan,” ungkap Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh Redinal Dewanto,S.Sos, yang juga ikut berburu tikus di lahan persawahan Sidobandung, Jum’at (8/12/2017).

Sementara itu, Kabag PHPTPH Distan Bojonegoro Drs Parno kepada para awak media mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan instruksi Menteri Pertanian bahwa awal 2018 ini para petani tidak boleh gagal panen. Sehingga, harus ada upaya untuk mewujudkan instruksi itu, yaitu dengan usaha Gropyok hama tikus sawah, sehingga mampu menyelamatkan padi petani dari serangan hama tikus tersebut.

“Saya mewakili pihak Distan dan juga masyarakat petani di wilayah Kecamatan Balen menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kodim 0813 Bojonegoro yang sampai dengan saat ini terus proaktif untuk mendampingi para petani dalam usaha mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional,” ujarnya.

Ditmbahkan, semoga dengan dukungan Kodim 0813 Bojonegoro dan Dinas Pertanian Bojonegoro itu, maka para petani akan terhinar dari hama sehingga panen bisa melimpah. Dengan demikian, petani semakin sejahtera dan TNI AD semakin berjaya sebab berhasil mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional di NKRI ini.

Perlu diketahui, kegiatan gropyok tikus berakhir pada pukul 10:30 wib, berhasil menangkap sekitar 300 ekor hama tikus sawah. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan metode pengasapan belerang dan peralatan yang telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk mengendalikan hama tikus sawah. **(Kis/Red)

 

Loading...
SHARE