Cuaca Dingin Hari Ini Melanda Indonesia, Bandung Bahkan Suhu Mencapai 16 Derajat celcius

139

Nasional – Cuaca Dingin Hari Ini Melanda Indonesia, Bandung Bahkan Suhu Mencapai 16 Derajat celcius, Cuaca Dingin Hari Ini Kembali melanda beberapa kawasan di Indonesia. Bahkan Menurut BMKG Kota Bandung. Penyebabnya adalah angin sangat kencang dari Australia menujuke wilayah Indonesia. “Sebenarnya, suhu tidak begitu dingin hanya 17,2 derajat celcius. Namun karena angin bertiup cukup kencang dari Australia, ini nampaknya ada pusat tekanan tinggi, dari wilayah barat Australia, dan menyeruak masuk ke wilayah utara, lalu ke Indonesia. Sehingga dampak yang ditimbulkan adalah suhu menjadi dingin sekali,” ujar Jadi seperti dilansir dari Pikiran Rakyat.

Selain Bandung, salah satu daerah yang menerima dampak paling parah dari cuaca ekstrim tersebut adalah Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Sudah beberapa hari ini, setiap pagi, kawasan Dieng selalu berwajah pucat karena tertutup embun es atau yang oleh masyarakat sekitar dijuluki bun upas.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Parayudhi mengatakan, penyebab bun upas turun di daerah Dieng adalah suhu ekstrim yang turun hingga angka 5 derajat celcius pada dini hari. Penurunan suhu yang sangat signifikan tersebut, menurut Setyoajie, dipengaruhi oleh musim kemarau.

“Secara klimatologisnya, puncak musim kemarau terjadi pada bulan Juli dan Agustus, dimana angin timuran semakin kuat daj dominan. Angin timuran yang berasal dari Australia ini bersifat kering dan dingin,” jelasnya, seperti dikutip dari Kompas.

Pada musim kemarau, lanjut Setyoajie, peluang terjadi hujan sangat kecil, karena tidak banyak tutupan awan yang berpotensi hujan. Sehingga energi panas matahari yang terpantul dari bumi langsung hilang ke atmosfer.

“Kondisi ini jika terjadi terus menerus menyebabkan udara semakin dingin yang dapat menyebabkan uap air atau mbun menjadi beku atau bun upas, kondisi ini akan terus berlanjut sampai puncak musim kemarau bulan Agustus,” katanya.

Sementara itu, cuaca esktrim juga dialami oleh warga Cilacap. Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan, dalam catatan iklim yang diperoleh Stasiun Meteorologi Cilacap, sejak tahun 1975 sd 2018, rekor suhu terendah atau minimum terjadi pada tanggal 14 Agustus 1994. Saat itu tercatat suhu minimum 17,4 derajat celcius dan suhu maksimum hanya 25,8 derajat celcius dan rata rata 22,9 derajat celcius.

“Saat ini kisaran suhu minimum tercatat 19 derajat celcius, artinya suhu minimum belum seekstrim seperti tahun 1994 lalu. Namun demikian rasanya sudah beda, lebih dingin dan jelas tidak seperti hari hari biasa, ini karena kita sedang memasuki musim kemarau,” ujarnya.

Sementara itu, Prakirawan BMKG Kota Bandung BMKG Kota Bandung, Yuni Yulianti memprediksi, suhu udara yang rendah atau cuaca dingin pada musim kemarau terjadi hingga September mendatang. Saat memasuki musim peralihan, suhu udara akan lebih tinggi.

Cuaca Dingin Hari Ini Melanda Indonesia

Selain Suhu Dingin Gelombang Laut Diperkirakan Akan ikut Meninggi

Adanya gangguan regional di Samudera Pasifik bagian barat berupa adanya badai “SHANSHAN” yang menyebabkan kondisi angin relatif kencang dalam beberapa hari kedepan dengan kecepatan berkisar antara 36-50 km/jam. Oleh karena itu, kata dia, dengan kondisi angin yang relatif kencang ini perlu diwaspadai untuk info cuaca daratan terhadap potensi pohon tumbang ataupun objek-objek tertentu yang mudah roboh atau patah.

Ia mengatakan kondisi angin seperti ini berpengaruh terhadap prakiraan tinggi gelombang laut maksimum terutama di perairan sebelah selatan Jawa Barat yang diprakirakan hingga 3 hari kedepan mencapai 4 meter. “Diimbau kepada nelayan untuk tidak melaut terlebih dahulu sambil menunggu kondisi gelombang relatif aman,” ujar Iid.

Selama periode musim kemarau dengan puncaknya terjadi pada bulan Agustus September dengan karakteristik suhu udara dingin dan kering. “Maka diimbau juga kepada masyarakat untuk tetap menjaga kondisi badan supaya tetap fit salah satunya dengan berpergian keluar rumah selalu mengenakan baju hangat atau jaket, mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran,” katanya.

Cuaca Dingin Juga Menerpa Bali

sejak beberapa hari yang lalu dari malam hingga pagi dini hari merasakan suhu dingin yang beda dari biasanya.

Saat mencoba mengonfirmasi Balai Besar Bmkg Wilayah III Denpasar, Sabtu (4/8/2018) pagi tadi, Ni Putu Lia Cahyani sebagai sebagai Forecaster On Duty Balai Besar Bmkg Wilayah III Denpasar, mengungkapkan kondisi tersebut merupakan kondisi normal yang terjadi pada musim kemarau.

“Kondisi seperti saat sekarang ini merupakan hal yang normal terjadi pada musim kemarau. Saat musim kemarau, cuaca cerah pada siang hari menyebabkan potensi terjadi hujan minim.” ungkapnya.

Selain itu secara global tambahnya karena dipengaruhi oleh angin daei Australia yang dominan masuk ke Indonesia.

“Angin yang datang dari Australia tidak membawa uap air sehingga potensi pertumbuhan awan hujan semakin kecil. konsekuensi dari kondisi tersebut adalah adanya perbedaan suhu siang dan malam yang lebih besar dari biasanya.” tambahnya.

Sedangkan saat siang yang cerah, jelas dia bumi akan menerima radiasi panas matahari lebih banyak sehinga suhu terasa lebih tinggi.

“Sebaliknya, karena tak ada awan, bumi akan lebih cepat melepaskan panas yang diterima ke atmosfer saat malam sehingga suhu lebih dingin dari biasanya.” jelas Lia.

Dari data terakhir menurut dia, tercatat suhu minimum terjadi mencapai 20°C.

Namun menurutnya kondisi saat ini masih normal.

Suhu DI Bojonegoro Diperkirakan Dingin mencapai 21 Derajat Celcius .

  • pada malam hari suhu udara turun menjadi +21…+22°C, Titik embun: +16°C; rasio suhu, kecepatan angin dan kelembaban: Nyaman; curah hujan tidak diharapkan, . Angin Sedikit hembusan angin bertiup dari selatan dengan kecepatan 7-14 . Km/jam, langit cerah; pakaian untuk musim: sepatu, sandal tertutup, sneakers cahaya, kaus kaki, kaus kaki panjang, celana ketat, rok, celana olahraga, celana, kemeja lengan pendek, blus; musim astronomi: musim dingin;
  • pagi-pagi suhu udara menghangat hingga +21…+31°C, Titik embun: +15,82°C; rasio suhu, kecepatan angin dan kelembaban: Nyaman; curah hujan tidak diharapkan, . Angin Hembusan angin pelan bertiup dari selatan dengan kecepatan 7-22 . Km/jam, langit cerah; apa yang akan dipakai: sandal terbuka, sepatu, sandal tertutup, sneakers cahaya, sandal jepit, topi, topi, kaus kaki, kaus kaki panjang, celana ketat, celana pendek, rok, celana olahraga, celana, dress mudah, t-shirt, kemeja lengan pendek, blus; musim astronomi: musim dingin;
  • di sore hari suhu udara menghangat hingga +29…+33°C, Titik embun: +14,65°C; rasio suhu, kecepatan angin dan kelembaban: Sangat nyaman; curah hujan tidak diharapkan, . Angin Hembusan angin pelan bertiup dari selatan-timur dengan kecepatan 14-22 . Km/jam, langit cerah; pakaian untuk cuaca: sandal terbuka, sandal jepit, topi, topi, celana pendek, rok, dress mudah, t-shirt; musim astronomi: musim dingin;
  • di malam hari suhu udara turun menjadi +23…+27°C, Titik embun: +16,55°C; rasio suhu, kecepatan angin dan kelembaban: Nyaman; curah hujan tidak diharapkan, . Angin Sedikit hembusan angin bertiup dari selatan dengan kecepatan 4-14 . Km/jam, di langit, kadang-kadang ada awan kecil; direkomendasikan pakaian: sandal terbuka, sandal jepit, topi, celana pendek, rok, dress mudah, t-shirt; musim astronomi: musim dingin;

Kenapa Suhu Di Indonesia Dingin Akhir – Akhir Ini, Berikut Penjelasannya

Cuaca Dingin Hari Ini Melanda Indonesia

Loading...
Comments
Loading...