Cara Jitu Atasi Sakit Maag di Bulan Puasa

23

Berpuasa pada bulan Ramadan merupakan tantangan yang lebih besar untuk penderita maag. Agar maag tidak kambuh saat menjalankan ibadah puasa, Cosmo berikan 5 tips untuk kamu!

1. Ingat untuk tidak melewati sahur.

Kebiasaan untuk berpuasa tanpa sahur tidak baik untuk kesehatan, apalagi untuk kamu yang menderita maag. Sakit maag seringkali kambuh pada siang hari dari jam 10 pagi hingga 12 siang. So, remember to fuel up! Jangan biasakan puasa tanpa sahur, karena risiko maag akan meningkat.

2. Konsumsi makanan yang kaya protein, vitamin dan serat.

Mengapa harus kaya serat? Well, makanan kaya serat dapat memperlambat pengosongan lambung dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Biasakan diri untuk sahur dengan buah, sayur rebus, daging tim, gandum, beras merah, dan/atau kacang-kacangan. Lambung kamu pun akan terisi oleh karbohidrat baik, dan risiko maag pun akan menurun!

3. Buatlah jadwal makan baru selama bulan puasa.

Bila kamu biasanya makan tiga kali sehari, ubah jadwal kamu selama bulan puasa menjadi 4-5 kali sehari dari waktu berbuka hingga imsak. Of course, kurangi porsi setiap kali kamu makan agar tidak kekenyangan. Oh, dan jangan lupa untuk meminum segelas air 15 menit sebelum makan untuk mengurangi kadar asam lambung dan membantu makanan agar lebih mudah dicerna.

4. Hindari makanan yang bisa menjadi pemicu maag.

Makanan berlemak, gorengan, kue, dan keju akan sulit dicerna oleh tubuh. Selain itu, makanan ekstra pedas, merica, dan cuka karena dapat secara langsung merusak dinding lambung. Ladies, sebaiknya hindari juga makanan olahan seperti mie dan pasta yang bisa mengiritasi selaput lambung.

5. Hindari stres.

Did you know? Kadar stres tinggi dapat meningkatkan produksi asam lambung, lho. Maka dari itu, lakukan kegiatan sehari-hari dengan mood yang positif dan ingat untuk mendapat istirahat yang cukup agar kamu terhindar dari stres!

(Image: doc. Teeramet ThanomkiatC123RF.com)

Loading...
Comments
Loading...