5 Cara Mudah Atasi Kulit Kaki Kering, Gatal dan Mengelupas

25

Kesehatan – 5 Cara Mudah Atasi Kulit Kaki Kering, Gatal dan Mengelupas, Kaki merupakan cerminan kepribadian seseorang. Sama seperti merawat wajah dan bagian tubuh lainnya, memanjakan kaki juga sangat penting.

Kulit di kaki biasanya akan terkelupas ketika terlalu kering, sakit bahkan gatal. Hal tersebut karena kurangnya kelembaban dan hidrasi yang tepat pada kulit kaki. Sel-sel kulit mati juga dapat membuat kulit terlihat kusam, dan kering dan mulai mengelupas.

Pengobatan tepat waktu saat kulit kaki terkelupas membantu mencegah masalah serius lainnya seperti, infeksi jamur yang menyebar di kulit kaki, bahkan ke kukukaki dan tangan.

Penyebab ketidaknyamanan pada kaki tersebut bisa karena kelalaian dalam menjaga kebersihan.

Dikutip dari laman Boldsky.com, Rabu 1 Agustus 2018, berikut adalah pengobatanuntuk kulit kaki terkelupas yang bisa dilakukan di rumah:

1. Lidah buaya

Tanaman ini dikenal karena sifat penyembuhannya. Antioksidan dan sifat anti-inflamasi pada lidah buaya cocok untuk mengobati infeksi kulit dan menghidrasi kulit.

Campurkan dua sendok makan gel lidah buaya dan beberapa tetes minyak Vitamin E. Oleskan campuran ini pada kulit kaki yang mengelupas dan biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi penggunaan 2 hingga 3 kali seminggu secara teratur.

Atau Sahabat Dream juga dapat menggunakan gel lidah buaya di kaki sebelum tidur, setiap hari dan biarkan semalam. Kemudian cuci bersih saat pagi.

Baca juga :  Jam Berapa Waktu Terbaik “Bercinta” Menurut Islam dan Sains

Cara Mudah Atasi Kulit Kaki Kering

2. Oatmeal

Selain untuk melembabkan kulit, oatmeal juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit sehingga tetap sehat dan lembut.

Campurkan 2 sendok makan oatmeal untuk membuat bubuk halus. Tambahkan beberapa tetes air mawar secukupnya, lalu oleskan scrub ini dengan lembut pada area kaki yang mengelupas dengan gerakan memijit dan dan melingkar.

Diamkan selama 10 menit dan kemudian bilas dalam air biasa.

3. Lemon

Kaya akan vitamin C , lemon dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan melindungi kulit dari segala jenis infeksi atau peradangan, dan mencerahkan warna kulit.

Peras satu lemon dan campurkan ke bak air hangat, lalu rendam kaki 10-15 menit dan gosok dengan air biasa. Setelah itu keringkan dan gunakan pelembab.

4. Gliserin

Bahan lain yang membantu dalam merawat kulit kaki mengelupas adalah dengan obat gliserin. Sifat hidrasinya membantu menyeimbangkan kelembapan kulit.

Campurkan 1 sendok makan gliserin, 1 sendok jus lemon, 1 sendok teh air mawar, dan 3 sendok makan garam lalu gosok dengan lembut di kaki yang mengelupas.

Setelah beberapa menit, bersihkan dengan air dingin. Gunakan obat ini sekali setiap hari untuk hasil yang lebih cepat.

5. Pisang

Mengandung Vitamin A, B, dan C, pisang dapat membantu menghidrasi kulit. Hancurkan pisang matang untuk membuat pasta halus dan oleskan pada area kaki.

Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air biasa. Ulangi penggunaan dua kali setiap minggu.

Sumber: boldsky.com

 

Cara Mudah Atasi Kulit Kaki Kering

Loading...
Comments
Loading...